Rabu, 20 September 2017

world-economy  World Economy

ECB Puji Daya Tahan dan Kualitas Aset Bank-bank Eropa

Senin, 27 Oktober 2014 15:35 WIB
Dibaca 658

Monexnews - Hasil stress-test perbankan Eropa memuaskan banyak pihak, termasuk pelaku pasar dan otoritas keuangan Eropa. Sebagian besar perusahaan finansial dan bank mampu melewati skenario krisis yang dibuat oleh European Central Bank (ECB) sekaligus memupus kekhawatiran investor soal prospek pasar perbankan benua biru. 

Kepala Dewan Pengawas ECB, Daniele Nouy, memuji kerja keras bank-bank Eropa untuk memenuhi standar ketahanan dan kualitas aset yang ditetapkan oleh otoritas. "Proses stress-test berlangsung transparan. Investor tidak perlu khawatir dengan kapasitas bank-bank sebagai penyokong dana utama dalam sistem perekonomian," ujar Nouy kepada radio BFM Business asal Prancis. Menurut Nouy, hasil pengujian baru merupakan tahap awal harus dipertahankan oleh masing-masing bank.

Seperti dilaporkan sebelumnya, hasil uji stress perbankan ECB menunjukkan bahwa hanya 25 dari 130 bank terkemuka di zona Euro gagal memenuhi standar kualitas neraca dan kemampuan untuk menghadapi gejolak ekonomi. Tidak ada satupun bank dengan reputasi tinggi asal Eropa yang gagal dalam pengujian tersebut dan tidak ada perbankan Jerman, Prancis dan Spanyol yang diharuskan menambah modalnya.

Bank yang gagal dalam pengujian harus menambah alokasi modalnya. Mereka wajib mengajukan rencana pengumpulan modal dalam 2 pekan ke depan dan mempunyai tenggat waktu 9 bulan untuk benar-benar menutupi kekurangan modalnya. Bank yang gagal mewujudkan amanat itu akan menghadapi intervensi ECB, sebagai regulator perbankan zona-euro.

Kemudian dari 25 bank yang gagal, 12 di antaranya telah menutupi kekurangan modal sehingga kini tersisa 13 bank saja. Perbankan Italia mendominasi susunan nama-nama bank yang gagal tes.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar