Sabtu, 27 Mei 2017

world-economy  World Economy

ECB: Resiko Deflasi Telah Berkurang

Kamis, 12 Juni 2014 17:41 WIB
Dibaca 586

Monexnews - Zona Euro tidak sedang berada di ambang deflasi, meskipun inflasi terpantau mengalami penurunan, menurut bank sentral Eropa hari Kamis. "Kondisi saat ini tidak menunjukkan jika episode deflasi telah mendekat," kata European Central Bank dalam laporan bulanannya.

Sebelumnya para petinggi ECB telah berulang kali menegaskan jika mereka belum melihat bukti penurunan harga konsumen yang berkelanjutan, atau dikenal sebagai deflasi. Namun pada pekan lalu ECB justru memangkas suku bunga dan meluncurkan program pinjaman perbankan senilai €400 milyar ($541 milyar), menyusul penurunan laju inflasi tahunan zona Euro ke level terendah dalam lebih dari 4-tahun. Inflasi tahunan blok Euro dilaporkan turun menjadi 0,5% pada bulan Mei, jauh di bawah target mendekati 2% yang ditetapkan bank sentral.

Rendahnya inflasi akan semakin mempersulit negara-negara Eropa Selatan yang rapuh untuk mengurangi hutang pemerintah dan rumah tangga, atau melakukan pemotongan biaya tenaga kerja guna meningkatkan daya saing dengan Jerman dan negara-negara Euro yang sehat lainnya. Penurunan harga yang berkelanjutan akan mendorong konsumen menunda pembelian, sekaligus menghapus salah satu pilar penting dari pertumbuhan ekonomi.

Dalam kesempatan yang sama ECB juga menyajikan proyeksi inflasi terbaru, yang diperkirakan akan meningkat secara bertahap hingga menyentuh 1,5% pada kuartal terakhir tahun 2016. Pertumbuhan ekonomi diproyeksikan juga akan berakselerasi secara bertahap, dengan peningkatan daya saing mendukung ekspor zona Euro. Sementara pada saat yang sama, tingkat pengangguran diprediksi akan bergerak menjauh dari level tertinggi dan membantu mendorong kenaikan harga. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar