Sabtu, 25 Maret 2017

world-economy  World Economy

ECB Sepertinya Tidak Akan Memangkas Tingkat Suku Bunga Sampai 2015

Kamis, 9 Mei 2013 15:34 WIB
Dibaca 545

Monexnews - Menurut para ekonom, ECB tidak akan memotong suku bunga lagi sampai setidaknya tahun 2015. Bank sentral yang berbasis di Frankfurt  itu akan mempertahankan suku bunga pada rekor terendar 0.5% sampai akhir 2014. Draghi pada 2 Mei  mengatakan ECB siap menurunkan kembali suku bunga sebanyak seperempat poin jika diperlukan.

Sementara itu ekonom juga memprediksi GDP zona euro akan meningkat setelah pesanan produk industri dan pabrik Jerman meningkat melebihi yang diperkirakan, dan inflasi kemungkinan bergerak mendekati 2% dan akan terjadi pertumbuhan ekonomi yang moderat. Tingkat inflasi tahunan zona euro merosot ke 1.2% pada April, dan 1.7% pada bulan sebelumnya, yang merupakan level terendah sejal Februari 2010. ECB memprediksi inlfasi akan naik 1.6% tahun ini, dan naik 1.3% pada 2014.

Presiden ECB, Mario Draghi, telah mengutarakan kemungkinan untuk mengurangi suku bunga deposito di bawah nol. Kebijakan tersebut dapat memacu bank konvensional untuk melakukan pinjaman lebih besar daripada menyimpan.  Namun kebijakan tersebut dapat menyebabkan terganggunya profitabilitas bank konvensional akibat penurunan tingkat suku bunga simpanan. Lebih jauh kebijakan tersebut berpotensi menghambat pasokan kredit kepada perusahaan maupun rumah tangga. (pap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar