Sabtu, 22 Juli 2017

world-economy  World Economy

ECB Siap Pangkas Suku Bunga Untuk Mendorong Tingkat Pinjaman

Kamis, 5 Juni 2014 16:47 WIB
Dibaca 648

Monexnews - European Central Bank diperkirakan akan memberlakukan suku bunga negatif untuk tabungan, mencoba mendorong tingkat pinjaman pada sektor perbankan dan mencegah zona euro jauh ke dalam deflasi seperti di Jepang. Pada pertemuan kebijakan hari Kamis, petinggi ECB mungkin juga akan meluncurkan program pinjaman untuk perbankan dengan syarat untuk memastikan aliran dana keluar menuju perekonomian zona euro. ECB akan menjadi yang pertama kalinya dari “empat” bank sentral besar – ECB, Bank of England, Bank of Japan, dan Federal Reserve AS – yang memberlakukan suku bunga negatif, yang artinya mengenakan biaya pada bank-bank untuk menabung dalam langkah yang bertujuan untuk memicu tingkat pinjaman.

Namun kepala eksekutif bank Erste Group di Austria, Andreas Treichl, mengatakan ia tidak yakin bahwa pemangkasa tingkat suku bunga dapat mendorong perbankan untuk meminjamkan dana dan perusahaan untuk meminjam. Meski resiko deflasi, melambatnya pertumbuhan dan konsumsi zona euro cukup terbatas, ECB menjadi kian cemas bahwa tingkat inflasi yang terus menerus rendah dan lemahnya tingkat pinjaman perbankan dapat menghambat pemulihan.

Hanya beberapa jam sebelum keputusan kebijakan ECB, salah satu petinggi Bank of Japan memperingatkan, mengatakan bahwa zona euro seharusnya tidak menganggap remek potensi bahya terjatuhnya menuju periode deflasi seperti di Jepang. "Konsensus untuk langkah tambahan cukup tinggi sehingga ada resiko ECB meluncurkan kebijakan di bawah ekspektasi pasar yang tinggi," ucap Andrew Bosomworth, manajer portofolio senior pada Pimco di Munich.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar