Senin, 23 Januari 2017

world-economy  World Economy

ECB Tidak Khawatir Dengan Inflasi & Euro

Rabu, 19 Februari 2014 12:17 WIB
Dibaca 667

Monexnews - Anggota dewan moneter ECB, Ewald Nowotny, isyaratkan tidak begitu khawatir dengan rendahnya inflasi di zona-euro dan kuatnya nilai tukar euro saat ini. "Rendahnya inflasi dan kuatnya euro dapat mengalami koreksi secara alami tanpa memerlukan tindakan dari bank sentral Eropa," tutur ECB's Nowotny. ECB akan kembali melakukan pertemuan kebijakan moneter pada awal bulan Maret dan pertemuan tersebut akan disertai oleh prediksi staf ECB atas berbagai indikator ekonomi untuk beberapa tahun mendatang. Ekonom memperkirakan laporan staff ECB aakn menunjukan inflasi akan tetap berada di bawah target 2%. Inflasi zona-euro hanya mencapai 0,7%; cukup rendah hingga sempat menimbulkan kekhawatiran akan adanya ancaman deflasi. 

Kuatnya nilai tukar euro merupakan salah satu faktor penyebab rendahnya inflasi karena membuat nilai impor energi lebih murah. ECB's Nowotny utarakan nilai tukar euro dapat melakukan penyesuaian sendiri dan tidak memerlukan kebijakan ekstrim seperti intervensi. "Saya dapat bayangkan situasi dimana pada tahun ini akan ada kekuatan yang dapat mendorong penguatan dollar AS kembali," tutur ECB's Nowotny.

Sementara itu, euro mencatatkan penguatan tipis di sesi Asia. EUR/USD kini diperdagangkan 1.3766; tidak begitu jauh dari level pembukaan 1.3756 (fr)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar