Senin, 27 Maret 2017

world-economy  World Economy

ECB’s Bonnici: Pemangkasan Suku Bunga Bisa Berdampak Positif

Selasa, 9 April 2013 21:14 WIB
Dibaca 652

Monexnews - Pemangkasan suku bunga zona Euro lebih lanjut dapat mendatangkan dampak positif pada perekonomian blok 17-negara, meskipun keuntungan marjinal mungkin tidak besar, menurut salah satu anggota Dewan Gubernur European Central Bank, Josef Bonnici, pada hari Selasa. Pernyataan Bonnici tersebut sejalan dengan komentar yang dilontarkan oleh Presiden ECB Mario Draghi pekan lalu, yang menyebutkan jika bank sentral terbuka untuk penurunan suku bunga lebih lanjut.

"Suku bunga memang sudah sangat rendah, sehingga keuntungan marjinal dari pemangkasan lebih lanjut mungkin tidak terlalu besar meskipun bisa memiliki dampak positif," kata Bonnici, yang juga merupakan Kepala Central Bank of Malta, kepada Dow Jones Newswires. "Tapi pada tahap ini, kita harus dapat memastikan langkah-langkah non-standar mampu berjalan dengan baik."

Secara khusus ia juga menyampaikan jika program Outright Monetary Transactions (OMT), yang diluncurkan ECB untuk membeli obligasi negara-negara bermasalah, telah berdampak lebih positif dalam menurunkan suku bunga pinjaman dibandingkan dengan penurunan suku bunga.

Dalam konferensi pers yang digelar pekan lalu Presiden ECB Mario Draghi telah mengatakan bahwa bank sentral akan memantau perkembangan ekonomi secara ketat dan siap untuk bertindak jika perlu. Yang diartikan oleh sebagian besar analis sebagai pernyataan kesiapan ECB untuk menurunkan suku bunga utamanya hingga di bawah rekor terendah 0,75% yang telah bertahan sejak bulan Juli tahun lalu. Pada sisi sebaliknya, ECB juga memiliki mandat untuk menjaga inflasi harga konsumen di bawah 2% dalam jangka menengah. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar