Rabu, 26 Juli 2017

world-economy  World Economy

ECB’s Knot: Resiko Deflasi Sangat Terbatas

Kamis, 13 Maret 2014 19:58 WIB
Dibaca 557

Monexnews - Presiden bank sentral Belanda pada hari Kamis mengatakan bahwa resiko deflasi di zona Euro sangat terbatas dan, jika diperlukan, European Central Bank masih memiliki alat kebijakan yang cukup untuk menangkal ancaman penurunan harga konsumen.

"Rendahnya inflasi telah memunculkan ketakutan tentang deflasi. Namun Saya tidak berpikir jika kita telah mendekati fase itu," kata Klaas Knot dalam presentasi laporan tahunan bank sentral Belanda. "Risiko deflasi masih sangat terbatas."

Pekan lalu ECB mempertahankan suku bunga pinjaman tidak berubah pada 0,25% dan suku bunga deposito pada 0%, meskipun inflasi tahunan bertengger pada level 0,8 % atau jauh di bawah target 2% dari bank sentral. Hal itu telah menambah kekhawatiran bahwa kawasan Euro tengah menuju sebuah periode penurunan harga konsumen, mirip dengan Jepang yang masih terus berjuang mengatasi deflasi selama beberapa dekade.

Menanggapi kekhawatiran tersebut Knot, yang menjadi salah satu anggota dewan gubernur ECB, mengatakan bahwa apa yang dijalani zona Euro tidak sama seperti Jepang, karena sebagian lebih disebabkan oleh upaya blok mata uang dalam membersihkan industri perbankan.

Seperti halnya komentar petinggi-petinggi ECB sebelumnya, Knot juga menegaskan bahwa bank sentral hanya akan mengambil tindakan dengan menggunakan alat kebijakan moneter tradisional jika prospek inflasi mengalami perubahan. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar