Senin, 24 April 2017

world-economy  World Economy

ECB’s Makuch: Pelonggaran Lebih Lanjut Masih Dimungkinkan

Selasa, 10 Juni 2014 22:07 WIB
Dibaca 432

Monexnews - European Central Bank masih memiliki ruang untuk kembali menurunkan suku bunga acuan lebih lanjut, dan mempertahankannya pada rekor rendah untuk jangka waktu lama. ECB bahkan juga dapat memilih program QE jika pelonggaran tambahan dibutuhkan, menurut salah satu petinggi bank sentral Eropa hari Selasa.

"Menurunkan suku bunga hingga ke level nol, seperti yang dilakukan Republik Ceko, masih dimungkinkan meskipun langkah tersebut membutuhkan perubahan teknis untuk memodifikasi koridor suku bunga," kata Jozef Makuch, anggota Dewan Gubernur ECB sekaligus Gubernur bank sentral Slovakia.

Bank sentral Ceko pada akhir tahun 2012 telah memangkas suku bunga acuannya menjadi 0,05%, sebuah level yang disebut sebagai batas bawah teknikal yang legal untuk suku bunga, sebagai upaya mencegah deflasi.

"Ruang yang ada untuk pelonggaran lebih lanjut adalah menjadikan suku bunga acuan menjadi nol secara teknikal," kata Makuch. Ia menambahkan bahwa nol teknikal merupakan fraksi terkecil di atas nol mutlak, namun dalam prakteknya itu berarti 0,00%.

Pada hari Kamis lalu, ECB telah memotong suku bunga utamanya menjadi 0,15% dari sebelumnya 0,25%. ECB juga mengadopsi suku bunga deposito negatif dan berencana menawarkan pinjaman murah hingga ratusan milyar Euro kepada perbankan dengan jangka waktu yang relatif panjang.

Makuch juga menegaskan bahwa ECB akan mempertimbangkan kemungkinan untuk meluncurkan pembelian aset besar-besaran atau QE, jika stimulus tambahan untuk mendongkrak harga benar-benar dibutuhkan. Namun untuk saat ini, tidak ada gunanya berspekulasi tentang ruang lingkup potensi langkah tersebut, tambahnya. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar