Selasa, 26 September 2017

world-economy  World Economy

ECB's Noyer: Tingkat Suku Bunga Harus Tetap Rendah

Senin, 25 November 2013 17:04 WIB
Dibaca 621

Monexnews - Anggotan Dewan Kebijakan European Central Bank Christian Noyer pada hari Senin mengatakan bahwa tingkat suku bunga haris tetap rendah untuk waktu yang lebih lama dan mungkin akan kembali dipangkas juga dibutuhkan seiring petinggi ECB mencoba menjamin bahwa zona euro tidak jatuh ke dalam deflasi. Para pejabat bank sentral harus menciptakan kebijakan untuk mencapai stabilitas harga jika kebijakan moneter yang konvensional sudah tidak ampuh, ucap Noyer, menandakan bahwa CEB akan tetap membuka peluang pemangkasan suku bunga setelah tingkat inflasi melambat di luar dugaan.

"Kami melihat adanya resiko tingkat inflasi rendah untuk sementara waktu, “ ucap Noyer pada konferensi di Tokyo. "Kami akan mempertahankan tingkat suku bunga rendah untuk waktu yang lebih lama, atau bahwa lebih rendah jika dibutuhkan untuk menstabilkan harga."

Anggota dewan eksekutif ECB Benoit Coeure mengatakan disinflasi di Eropa nampaknya akan berlanjut untuk saat ini, namun tidak akan menuju ke deflasi karena perekonomian sedang pulih dan ekspektasi inflasi masih terkendali di sekitar 2%. Melambatnya tingkat inflasi di zona euro memicu ECB untuk memangkas tingkat suku bunga ke rekor rendah 0.25% bulan ini. Minoritas pada ECB menentang langkah ini, menimbulkan kecemasan adanya perpecahan pada anggota ECB.

Dengan tingkat suku bunga dekat nol, ada juga kecemasan mengenai apakah ECB memiliki cukup amunisi untuk melawan melambatnya harga. Mandat ECB adalah untuk menjaga tingkat inflasi dekat namun di bawah 2%. Bank sentral melonggarkan kebijakan untuk mencegah agar melambatnya inflasi tingkat menurunkan ekspektasi inflasi, ucap Noyer said. Pemangkasan upah di sejumlah negara Eropa belakangan ini disambut baik demi kompetitifitas, karena ini membantu membalikkan trend di mana upah naik terlalu tajam, ucapnya. Bersamaan dengan itu, ECB tidak menginginkan inflasi menjadi terlalu rendah, karena hal ini dapat merusak stabilitas harga, ucap Noyer.

Coeure mengatakan bahwa perekonomian Eropa sedang stabil dan sektor perbankan sedang menguat, namun petinggi pemerintah harus membuat kemajuan dengan reformasi struktural untuk menurunkan tingkat pengangguran dan memicu investasi bisnis. Dengan inflasi zona euro berada pada 0.7%, jauh di bawah target ECB, sejumlah pejabat bank sentral belakangan ini mengatakan bahwa mereka terbuka untuk mengambil langkah baru untuk mencegah tekanan deflasi memperburuk outlook ekonomi.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar