Senin, 27 Maret 2017

world-economy  World Economy

ECB's Praet Khawatirkan Kebijakan Suku Bunga Rendah

Rabu, 27 Februari 2013 20:19 WIB
Dibaca 2597

Monexnews - Semakin lama ECB menjalankan kebijakan suku bunga rendah dan berikan likuiditas berlimpah kepada perbankan maka semakin kurang efektif hasilnya, menurut ECB's Praet. ECB telah memangkas bunga hingga level rendah 0,75% dan menyediakan dana murah untuk perbankan sebanyak mungkin, serta berjanji untuk membeli obligasi pemerintah zona-euro jika prasyarat dipenuhi.

"Semakin lama bank sentral menjalankan kebijakan monter yang sangat akomodatif maka kita akan melihat ketidakstabilan instrumen moneter. Ini berarti semakin besar kebijakan longgar yang dijalankan maka semakin berkurang efek positif yang ditimbulkan," ujar anggota dewan moneter ECB, Peter Praet. "Kebijakan monter longgar yang terlalu lama juga dapat mengurangi insentif bagi perbankan untuk membersihkan neracanya dan pemerintah untuk memangkas defisitnya."

Komentar ECB's Praet ini bernada hawkish karena dapat sinyalkan keinginan untuk menarik stimulus moneter. Meski demikian, Presiden ECB Mario Draghi telah utarakan bahwa bank sentral tidak mempertimbangkan kebijakan untuk menarik stimulus. Sementara itu, euro menguat di sesi New York. EUR/USD kini diperdagangkan 1.3084, menjauhi level rendah harian 1.3040 (fr)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar