Rabu, 26 Juli 2017

world-economy  World Economy

Ekonom: Kebijakan Pemerintah dan BI Sudah Tepat

Jumat, 29 November 2013 16:16 WIB
Dibaca 481

Monexnews - Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Dorodjatun Kuntjoro Jakti menilai, paket stimulus yang dikeluarkan oleh pemerintah dan langkah penaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) oleh BI sudah tepat. Hal ini ia sampaikan saat menghadiri Seminar Economic Outlook 2014 pada Kamis (28/11) di Jakarta.

Namun, pihaknya mengingatkan perlunya pengawasan dan penerapan secara optimal agar tujuan paket stimulus untuk mengurangi defisit transaksi berjalan dan menjaga fundamental perekonomian dari berbagai ancaman eksternal dapat tercapai.

Terkait pelemahan nilai tukar rupiah, menurut Dorodjatun, faktor utamanya adalah dampak dari perkembangan isu tapering off quantitative easing (pengurangan stimulus) oleh bank sentral Amerika Serikat (The Fed) pada awal 2014. Selain rupiah, mata uang di berbagai negara juga mengalami pelemahan terhadap dolar AS, sebagai akibat isu rencana penghentian stimulus moneter AS.

Pihaknya memandang, AS tidak akan gegabah dalam memberlakukan kebijakan tapering off. "Mereka akan melakukan penghentian stimulus secara smooth, Amerika akan berusaha keras agar dananya yang selama ini digelontorkan bisa kembali, tetapi penarikan stimulus tidak akan dramatis," pungkasnya.(ak)

 

Sumber: publikasi resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa perubahan


 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar