Jumat, 15 Desember 2017

world-economy  World Economy

Ekonomi Australia Pada Fase Transisi - RBA

Kamis, 24 Oktober 2013 13:21 WIB
Dibaca 585

Monexnews - Perekonomian Australia kini tengah berada pada fase transisi dari ketergantungan terhadap industri sumber daya alam menuju pertumbuhan yang lebih bertenaga, menurut salah satu pejabat tinggi di bank sentral Australia (RBA).

Seperti kita ketahui bersama, Reserve Bank of Australia (RBA) bulan ini kembali mempertahankan suku bunga acuan tetap pada rekor rendah 2,5% lantaran sejumlah sektor ekonomi menunjukkan adanya perbaikan. Hal itu tercermin dari data-data terakhir yang memberikan sinyal bahwa perekonomian mulai pulih menyusul serangkaian pemotongan suku bunga selama kurun waktu dua tahun terakhir. Dan proses pemulihan itu tak lepas dari bantuan bank sentral yang telah berupaya membantu transisi ekonomi tersebut melalui bujukan serta rayuan konsumen untuk meminjam dana dan membelanjakan nya lebih banyak.

Sejumlah fundamental yang rilis belakangan ini menunjukkan sektor manufaktur Australia meningkat untuk kali pertama lebih dari dua tahun pada bulan September. Sedangkan rerata harga rumah melonjak drastis di Agustus, bahkan penjualan ritel sanggup mematahkan ekspektasi. Selain itu, indeks kepercayaan kalangan pebisnis dan konsumen juga turut meningkat menyusul pemilihan umum di tubuh pemerintahan koalisi konservatif bulan lalu.

Alhasil, sejumlah petinggi bank sentral nampak kian optimis dalam beberapa pekan terakhir terhadap prospek Australia yang diperkirakan mampu bergabung dengan pemulihan ekonomi global, khususnya terkait aktivitas di China – yang menjadi mitra dagang terbesar - telah mengalami peningkatan yang cukup pesat.

 

(Daru Wibisono)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar