Jumat, 22 September 2017

world-economy  World Economy

Ekonomi Lesu, Perusahaan Eropa Kurangi Investasi di China

Rabu, 10 Juni 2015 10:26 WIB
Dibaca 2460

Monexnews - Iklim perlambatan ekonomi di China mendorong perusahaan-perusahaan yang beroperasi di sana untuk mengubah strategi bisnisnya. Produsen asal Eropa bahkan sudah berencana untuk mengurangi investasinya karena takut dengan prospek usaha di negara perekonomian terbesar ke-dua dunia itu.

European Union Chamber of Commerce atau Kamar Dagang Eropa untuk wilayah China mengatakan bahwa anggotanya sudah mulai menurunkan target pendapatan dari bisnisnya di Tiongkok. Beberapa di antaranya bahkan sudah terang-terangan merencanakan PHK karyawan untuk efisiensi. Organisasi yang menaungi 1400 perusahaan Eropa ini menyebut lebih dari sepertiga anggota yang ingin memangkas biaya operasional berasal dari berbagai sektor, mulai dari energi, logistik, permesinan hingga otomotif. Sementara itu ada seperlima di antaranya yang berniat mengalihkan investasi baru ke negara lain yang lebih prospektif. Kepastian itu didapat dari hasil survei terhadap 541 korporasi Eropa yang membuka usaha di China.


Pertumbuhan ekonomi China hanya mencapai 7% di kuartal pertama atau persentase terendahnya dalam 6 tahun terakhir. Angka itu menunjukkan betapa roda bisnis di negara ini tidak berjalan sebaik tahun-tahun sebelumnya sehingga turut mempengaruhi prospek perusahaan internasional. "Pelaku bisnis mulai tidak mau menempatkan uangnya di China," kata Jörg Wuttke, Presiden European Chamber, kepada Wall Street Journal. Menurutnya, pemerintah juga belum mempunyai strategi baru untuk mempercepat ekonomi domestik, dan alasan itu membuat investor asing enggan masuk.

Terlepas dari buramnya prospek bisnis di China, Wuttke melihat beberapa perusahaan masih bisa meraup keuntungan dari investasinya di China seperti produsen otomotif. Di saat yang sama, perusahaan farmasi memandang China sebagai pasar produktif yang masih bisa digarap untuk beberapa tahun ke depan. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar