Sabtu, 22 Juli 2017

world-economy  World Economy

Ekonomi RI Sesuaikan Penurunan Harga Komoditas Global

Rabu, 9 Oktober 2013 13:30 WIB
Dibaca 577

rial, helvetica, sans-serif;font-size:medium;">Monexnews - Menurut Bank Dunia, Indonesia saat ini sedang dihadapkan pada tantangan terkait dengan kinerja ekspor, terutama dari sisi bahan baku. "Pemerintah harus memperkuat sektor manufaktur agar ekspornya bisa tak terkena dampak global dan kinerjanya bisa meningkat," demikian dikatakan Ekonom Bank Dunia untuk Indonesia Ndiame Diop pada Selasa (8/10).

Ia menambahkan, Indonesia sebenarnya telah menyesuaikan diri terhadap pelemahan harga komoditas, pengetatan kondisi pendanaan eskternal, dan penurunan permintaan domestik. Namun demikian, menurutnya, ekonomi Indonesia telah terpengaruh oleh menurunnya harga komoditas global.

Sementara itu, terkait penghentian sementara kegiatan pemerintah Amerika Serikat (government shutdown), pihaknya belum dapat memastikan implikasinya terhadap Indonesia. Namun, menurutnya, dibandingkan dengan AS, pengaruh China akan lebih terasa bagi Indonesia. "Saya rasa China sebagai salah satu negara tujuan ekspor utama Indonesia yang akan memberikan dampak cukup signifikan bagi Indonesia nantinya. Itu juga tak lepas dari ekspor Indonesia yang sebagian besar adalah SDA (sumber daya alam),” jelasnya.

Senada dengan Diop, Ekonom Utama Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasifik Bert Hofman memproyeksikan harga-harga komoditas hingga tahun 2014 masih belum kembali normal. Untuk itu, ia mengingatkan agar Pemerintah Indonesia dapat meningkatkan kinerja ekspor dengan memperbanyak produk olahan. "Kinerja ekspor Indonesia hingga saat ini masih bergantung pada harga komoditas global, seperti kita tahu lebih dari 60 persen ekspor Indonesia adalah natural resources," ungkap Hofman.(ak)


Sumber: rilis resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.depkeu.go.id


*disadur tanpa perubahan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar