Minggu, 28 Mei 2017

world-economy  World Economy

Ekonomi Spanyol Tumbuh 0.7% di Kuartal Keempat 2014

Kamis, 26 Februari 2015 16:29 WIB
Dibaca 489

Monexnews - Ekonomi Spanyol berekspansi pada laju tercepat dalam tujuh tahun terakhir di kuartal keempat seiring belanja domestik yang lebih kuat telah menggantikan sektor ekspor menjadi mesin utama dalam pertumbuhan.

GDP Spanyol berekspansi sebesar 0.7% di periode tiga bulan terakhir tahun lalu, ucap National Statistic Institute di Madrid pada hari Kamis, hasil tersebut menegaskan pembacaan awal pada tanggal 30 Januari. Konsumsi rumah tangga naik sebesar 3.4% dari tahun sebelumnya dan naik 0.9% pada kuartalan keempat. Ekspor tidak berubah dari periode tiga bulan sebelumnya, meskipun 4.7% lebih tinggi daripada kuartal keempat 2013.

Pertumbuhan ekonomi Spanyol awalnya dikaitkan dengan penjualan internasional, namun saat ini mereka ditopang oleh konsumen dalam negeri. Di saat tingkat pengangguran di negeri tersebut masih menjadi salah satu yang tertinggi diantara 19 negara blok zona Euro, pendapatan di sektor rumah tangga telah meningkat karena penurunan harga minyak.

"Kami perkirakan permintaan internal, baik konsumsi dan investasi swasta, akan terus menjadi motor pertumbuhan," ucap Antonio Garcia Pascual, kepala ekonom kawasan Eropa di Barclays Plc, yang memprediksi ekonomi Spanyol akan tumbuh 2.6% pada tahun ini. "Ekspor seharusnya membaik, karena dibantu oleh pelemahan mata uang euro."

Ekonomi Spanyol tumbuh 1.4% di tahun 2014, ditutup dengan pertumbuhan untuk setahun penuh untuk pertama kalinya sejak 2007, ucap INE.

(fsyl)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar