Kamis, 25 Mei 2017

world-economy  World Economy

Ekonomi Yunani Diramalkan Mulai Positif di Kuartal III

Selasa, 2 September 2014 16:52 WIB
Dibaca 591

Monexnews - Denyut perekonomian mulai terasa di Yunani. Negara yang sempat mengalami krisis keuangan dan menikmati bailout miliaran Euro ini kemungkinan bisa kembali mencatat pertumbuhan produk domestik bruto (GDP) di kuartal III. 

Gejala aktivitas ekonomi di Yunani terlihat dari laporan Investment Bank of Greece beberapa saat lalu. Perekonomian Yunani melambat 0.3% pada periode kuartal II dibandingkan periode yang sama tahun 2013. Fakta tersebut kian menggenapi penurunan nilai GDP negara itu selama 24 triwulan secara beruntun.

Pun demikian, rasio penurunan GDP 0.3% merupakan yang terendah sejak kuartal III 2008. Tidak heran jika pengamat ekonomi mulai optimis meramalkan negara ini segera mencatat pertumbuhan ekonomi pertamanya di kuartal III 2014, yang sekarang sedang berjalan. "Perlambatan ekonomi 0.3% adalah yang terendah, di laporan triwulan selanjutnya mungkin kita akan melihat ekspansi," demikian ulas Investment Bank of Greece. Kembalinya minat turis asing untuk berwisata ke Yunani akan menjadi modal percepatan ekonomi yang berharga.

Estimasi pertumbuhan ekonomi versi 'flash' akan dirilis pada medio November mendatang. Baik pemerintah Yunani maupun pihak kreditur yang terdiri dari Uni Eropa, Bank Sentral Eropa dan Dana Moneter Internasional menargetkan pertumbuhan ekonomi 2014 mencapai 0.6%. Jika raihan GDP bisa dipertahankan maka target tersebut cukup realistis dicapai oleh Yunani. 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar