Selasa, 17 Januari 2017

world-economy World Economy

Eks-gubernur Fed: Suku Bunga Bisa Naik Tahun Ini

Rabu, 19 Maret 2014 16:33 WIB
Dibaca 676

Monexnews - Pelaku pasar keuangan dunia pada umumnya memperkirakan Bank Sentral Amerika Serikat baru menaikkan suku bunga acuan di pertengahan 2015. Namun proyeksi tersebut bisa saja meleset karena bukan mustahil fase pengetatan moneter berlaku lebih cepat.

Pendapat tersebut dilontarkan oleh Mantan Gubernur Federal Reserve Bank, Robert Heller, kepada CNBC. "Saya rasa bank sentral juga berpikir kalau itu (pertengahan 2015) adalah waktu yang tepat," ujarnya. Namun demikian, pelaku ekonomi dan keuangan akan menekan Fed untuk mempercepat pengetatan moneter, atau bahkan tidak terlalu lama setelah tapering stimulus dituntaskan akhir tahun 2014.

Bank sentral mematok suku bunga dekat level nol persen sejak tahun 2008, kala krisis menghancurkan pasar keuangan. Kini setelah perekonomian membaik, pelaku pasar memperkirakan suku bunga mulai dinaikkan tidak terlalu lama dari penarikan stimulus secara penuh. Opini analis terbelah, antara mereka yang memprediksi kenaikan bunga di akhir tahun ini dan beberapa yang memperkiarakannya baru terjadi tahun depan.

Menurut Heller, bunga obligasi pemerintah akan naik seiring dengan meningkatnya kepercayaan investor terhadap kondisi ekonomi. Faktor inilah yang akan dijadikan acuan bagi The Fed untuk mengikuti animo pasar finansial. "Jika pelaku pasar meyakini inflasi akan datang dan ekonomi membaik, maka bank sentral akan menaikkan suku bunga. Kita semua bisa menerima bunga obligasi 10-tahun di level 4-4.5% saat ini, sehingga kenaikan bunga acuan memang diperlukan," tutupnya.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar