Senin, 27 Maret 2017

world-economy  World Economy

Eks Pejabat ECB Tidak Sabar Menunggu Banking Union

Kamis, 26 September 2013 15:07 WIB
Dibaca 551

Monexnews - Stabilitas sistem keuangan di benua biru tidak akan tercapai apabila pihak-pihak terkait enggan menuntaskan agenda pemulihan krisis. Salah satunya adalah wacana pembentukan suatu badan yang mengatur aktivitas perbankan di Eropa. Gagasan banking union hingga saat ini belum terwujud karena beberapa pihak masih bersilang pendapat.

Menurut mantan Presiden European Central Bank (ECB), Jean-Claude Trichet, pembentukan suatu otoritas yang bertanggung jawab terhadap kinerja bank sangat diperlukan dalam waktu cepat. Mengingat efek yang ditimbulkan oleh bank-bank bermasalah luar biasa besar terhadap sistem keuangan kawasan. Walaupun ECB baru saja diberi kekuasaan untuk memantau perkembangan kinerja bank di zona Euro, pasar perbankan belum sepenuhnya aman sampai adanya suatu otoritas bersama yang khusus mengatur seluruh bank di zona Euro.

Di sela konferensi SkyBridge Alternatives (SALT) di Singapura, SkyBridge Alternatives (SALT), Jean-Claude Trichet mengkritisi belum terbentuknya badan yang ia idamkan sejak dulu. "Eropa belum memutuskan resolusi final (tentang hal ini), padahal keberadaannya sangat dibutuhkan," ujar Eks-presiden ECB periode 2003-2011 ini. Trichet bertekad untuk terus menekan pihak-pijak terkait untuk segera merealisasikan wacana banking union.

Banking union adalah suatu wacana penyatuan sistem dan pengawasan perbankan Eropa untuk menghindari adanya krisis baru akibat dari kesalahan operasional bank. Di dalamnya termasuk klausul pembentukan suatu lembaga super yang mengawasi segala aktivitas bisnis pelaku perbankan. Sudah tiga tahun sejak krisis keuangan kawasan Eropa pertama kali menyebar, namun belum ada kepastian kapan resolusi perbankan terbentuk. Sumber daya negara-negara Eropa hanya habis untuk memodali perekonomian Yunani, Irlandia, Portugal dan Siprus, yang hutang nasionalnya membengkak akibat kesalahan tata kelola bank.

 

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar