Minggu, 23 Juli 2017

world-economy  World Economy

Ekspektasi Laju Inflasi Oleh Masyarakat Inggris Berkurang

Jumat, 7 Maret 2014 17:09 WIB
Dibaca 567

Monexnews - Ekspektasi masyarakat Inggris untuk kenaikan suku bunga di tahun depan meningkat meski seiring proyeksi inflasi mereka turun, menurut survey kuartalan oleh Bank of England pada hari Jumat. Survey inflasi BoE menunjukkan bahwa 40% masyarakat Inggris memperkirakan kenaikan suku bunga dalam waktu 12 bulan kedepan, namun dari 34% di bulan November dan level tertinggi sejak Mei 2012. Bagaimanapun, ekspektasi inflasi hingga tahun depan turun menjadi 2.8% dari 3.6% dan menyentuh level terendah dalam 4 tahun. Ekspektasi inflasi dalam 2 tahun dan 5 tahun kedepan juga anjlok ke level terendah sejak Agustus 2012. Estimasi inflasi ini kemungkinan akan menguatkan pernyataan Bank of England bahwa bank sentral tidak tergesa-gesa dalam menaikkan suku bunga.

Perekonomian Inggris menapaki pemulihan yang lebih cepat dari perkiraan tahun lalu, membuat BoE merevisi petunjuk kebijakannya di bulan Februari, dan mensinyalkan tidak ada pengetatan kondisi moneter dalam waktu dekat. Bersamaa dengan itu, BoE juga mensinyalkan bahwa kenaikan tingkat suku bunga pertama akan terjadi pada kuartal kedua tahun 2015. Sejumlah petinggi BoE telah menandakan bahwa kenaikan tingkat suku bunga dapat terjadi lebih awal jika tekanan inflasi lebih besar dari perkiraan atau kenaikan tingkat upah lebih cepat dari yang diantisipasi.

Namun perekonomian masih berada 1.4% di bawah level tinggi tahun 2008 dan laju inflasi konsumen saat ini berada di bawah target BoE sebesar 2%, meringankan tekanan pada bank sentral untuk menaikkan suku bunga. Meningkatknya kespektasi untuk kenaikan suku bunga yang ditunjukkan pada hasil survey hari Jumat menandakan Gubernur BoE Mark Carney harus terus meyakinkan pasar dan publik bahwa BoE nyaman untuk mempertahankan tingkat suku bunga pada rekor rendah untuk lebih lama lagi.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar