Selasa, 24 Januari 2017

world-economy  World Economy

Empat Paket Stimulus Terbukti Bermanfaat

Rabu, 11 September 2013 9:16 WIB
Dibaca 402

Monexnews - Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri menilai empat paket stimulus yang dirilis oleh pemerintah beberapa waktu yang lalu, terbukti bermanfaat di tengah koreksi pertumbuhan yang harus dilakukan pemerintah.

Menkeu menyebut bahwa koreksi angka pertumbuhan ekonomi 2013 dari 6,3 persen menjadi 5,9 persen memang ditujukkan untuk mengurangi defisit transaksi berjalan. Dan oleh sebab itu, paket kebijakan pemerintah cocok untuk mengantisipasi koreksi pertumbuhan. “Makanya jangan galak-galak bilang kalau paket pemerintah itu enggak ada gunanya. Sekarang kelihatan kalau pemerintah itu sudah siapkan,” jelas Meneku, Senin (9/9).

Menkeu menyatakan bahwa selain mengatasi defisit transaksi berjalan, paket kebijakan yang dirilis tersebut juga efektif untuk mengantisipasi perlambatan ekonomi. “Kita tahu yang dari ekspor agak slowdown, kemudian dikasih insentif fiskal PPh 25 persen supaya tenaga kerja tidak di-PHK karena pertumbuhan yang slowdown,” kata Menkeu.

Menkeu juga menjelaskan bahwa apabila defisit transaksi berjalan dapat diminimalisir, maka secara otomatis rupiah juga akan segera menguat. “Kalau itu (defisit) turun, kalian enggak akan tanya ke saya tiap hari berapa (nilai tukar) rupiah. Jadi kalau itu enggak penting, kita antisipasi,” kata Menkeu. (nic)

(art)

Sumber: website kementrian keuangan Indonesia - depkeu.go.id

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar