Sabtu, 25 Maret 2017

world-economy  World Economy

EU Berjanji Longgarkan Program Penghematan Pada G20

Jumat, 19 April 2013 19:36 WIB
Dibaca 712

Monexnews -

Petinggi zona Euro menyatakan bahwa Uni Eropa akan memperlambat program penghematan anggaran untuk merangsang pertumbuhan ekonomi, sekaligus menandakan perubahan arah kebijakan seperti yang telah didesak oleh AS.

Laju pengetatan fiskal global kemungkinan akan mendominasi diskusi para menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari kelompok negara G20 yang bertemu di Washington.

Topik lainnya yang kemungkinan akan dibahas yakni target utang dan reduksi defisit jangka panjang. Defisit anggaran zona Euro dilaporkan jatuh 3.5% dari GDP di 2012, dari sebelumnya 4.2% di 2011, sehingga mendorong 17 negara member zona Euro ke fase resesi tahun lalu.

Menteri Keuangan AS, Jack Lew menghimbau bahwa program penghematan (austerity) yang terlampau ketat di Eropa justru memperburuk situasi ekonomi di beberapa negara lainnya, sehingga diperlukan penilaian lebih mendalam terhadap imbas pemotongan anggaran terhadap pertumbuhan dan angka pengangguran. Selain itu AS juga menolak penetapan target reduksi utang secara spesifik, dan justru menyarankan untuk mengalihkan fokus pada perbaikan pertumbuhan dari keterpurukan.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar