Sabtu, 22 Juli 2017

world-economy  World Economy

EU Summit: Kekhawatiran Utama Pada Resesi Menggantikan Krisis Utang

Jumat, 15 Maret 2013 21:22 WIB
Dibaca 612

Monexnews -

Ancaman resesi dan meningkatnya angka pengangguran di Selatan Eropa telah menyingkirkan kecemasan krisis utang pada KTT Uni Eropa di Brussels selama dua hari untuk lebih terfokus pada pertumbuhan ekonomi.

Draft pernyataan dari hasil KTT Eropa tersebut menunjukkan bahwa rencana untuk penilaian structural anggaran nasional akan memberikan fleksibilitas tambahan bagi negara seperti Prancis, Spanyol dan Portugal dalam mereduksi defisit.

Para pemimpin Eropa tampaknya mulai menyadari bahwa kebijakan yang hanya terfokus pada program penghematan anggaran mulai berdampak buruk pada ekonomi maupun politik. Hal ini terbukti dari hasil pemilu Italia yang cukup jelas menunjukkan bahwa penduduk Eropa tidak akan mentolerir reduksi defisit lebih lanjut sebelum kondisi ekonomi menunjukkan peningkatan.

Oleh sebab itu sikap dari KTT Eropa yang lebih akomodatif kali ini memberikan sinyal bahwa ada perubahan arah kebijakan dari austerity untuk lebih terorientasi pada solusi yang merangsang pertumbuhan ekonomi.

Rebound pada pairing EURUSD hari ini juga mencerminkan optimisme para investor bahwa kawasan Eropa masih bisa bangkit dari kontraksi ekonomi jika arah kebijakan zona Euro cenderung terfokus pada pertumbuhan.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar