Jumat, 21 Juli 2017

world-economy  World Economy

Ex Ketua Fed: Yunani Keluar Dari Zona Euro Hanya Masalah Waktu

Senin, 9 Februari 2015 8:55 WIB
Dibaca 743

Monexnews - Yunani keluar dari zona Euro hanyalah masalah waktu karena tidak ada yang mau mengambil resiko untuk meminjamkan uang lagi kepada negara tersebut, ucap Alan Greenspan.

Beberapa jam sebelum Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras akan menjelaskan rencana pada bagaimana dia akan menjaga pemerintahannnya untuk dapat membayar utang-utang, mantan ketua Federal Reserve mengatakan bahwa krisis di negara tersebut tidak dapat diselesaikan selama mereka masih di kawasan zona Euro.

"Saya tidak melihat bahwa kebijakan pemerintahan baru akan membantu mereka berada di kawasan Euro dan saya yakin tidak akan melihat bahwa itu akan membantu meredakan krisis di zona Euro," kata Greenspan dalam sebuah wawancara di radio di BBC pada hari Minggu. "Saya pikir bahwa ini hanya masalah waktu sebelum semua orang mengakui bahwa perpisahan adalah  strategi terbaik."

Greenspan berbicara pada saat pekan kritis tentang Yunani, memberikan latar belakang untuk kelompok G20 yang akan bertemu pada hari Senin sebelum para menteri keuangan zona Euro berkumpul untuk pembicaraan darurat tentang negara tersebut pada hari Rabu dan pertemuan puncak pada hari selanjutnya. Utang publik Yunani sebesar 320 milyar euro ($362 milyar),  itu sekitar 175% dari GDP Yunani.

"Yunani berada di dalam posisi bahwa jika mereka tidak mendapatkan pinjaman tambahan, maka mereka akan default dan meninggalkan zona Euro," ucap Greenspan. "Pada tahap ini, saya tidak melihat ada orang-orang yang bersedia menempatkan dananya, karena mereka sering bergitu kecewa dengan negara tersebut."

Greenspan, yang saat ditanya apakah dia mendukung pendekatan Jerman, untuk bersikap kerja dan menentang permintaan dari pemerintahan Yunani yang baru untuk keringanan dalam hal bailout.

Dia menjawab, tentu saja saya setuju.

(fsyl)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar