Senin, 23 Januari 2017

world-economy  World Economy

FDI China di AS Meningkat

Jumat, 6 Februari 2015 20:21 WIB
Dibaca 508

Monexnews - Foreign Direct Investmen (FDI) China di Amerika meningkat jadi $12 miliar pada tahun lalu, berada di atas $10 miliar selama dua tahun beruntun, berdasarkan laporan Rhodium Group, yang melacak aliran uang China ke AS. Pada tahun 2012, untuk pertama kalinya, aliran dana China melebihi arus investasi AS ke China.

Investasi Asia di Amerika bukanlah hal baru. Perusahaan Jepang membuka jalurnya di tahun 1980-an, salah satu alasannya untuk menghindari biaya yang berhubungan dengan impor dan ekspor. Alasan menghindari pajak internasional juga menjadi salah satu alsan pebisnis China masuk ke Amerika.

Selain itu, sebagai usaha meningkatkan kualitas produknya juga menjadi alasan investasi China di AS. Produk Domestik Bruto (PDB) China untuk tahun 2014 tumbuh 7,4%, laju terlemah dalam 24 tahun. Perlambatan perekonomian inilah yang membuat China ingin masuk dalam pasar produk berkualitas lebih tinggi. Produksi dan penjualan produk dengan margin-lebih tinggi membutuhkan keahlian dan inovasi teknologi yang lebih mapan, dan hal ini lebih mudah digapai di luar China. "Barang luar negeri dan kontrol kualitas menjadi semakin penting bagi kelas menengah China," menurut riset Rhodium. (YS)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar