Minggu, 24 September 2017

world-economy  World Economy

Fed Kembali Memangkas Stimulus Sebesar 10 Milyar Dollar

Kamis, 1 Mei 2014 1:52 WIB
Dibaca 786

Monexnews - Kendati melambatnya aktivitas perekonomian pada kuartal pertama, Federal Reserve pada hari Rabu memutuskan untuk melanjutkan pemangkasan program stimulus bulanannya. Dalam langkah yang sesuai ekspektasi pasar, bank sentral AS memangkas pembelian obligasinya menjadi 45 milyar dollar per bulan, yang mana sudah dipangkas 40 milyar dollar dari jumlah awal program tersebut yang melambungkan neraca the Fed menjadi lebih dari 4.3 trilyun dollar.

Keputusan ini diambil meski sinyal terkini menunjukkan laju pertumbuhan kuartal pertama lebih lemah dari perkiraan. Departemen Perdagangan pada hari Rabu melaporkan tingkat pertumbuhan gross domestic product sebesar 0.1%, 1% lebih rendah dari ekspektasi. Meski demikian, pernyataan the Fed tidak menunjukkan kecemasan yang tinggi dan menunjukkan persetujuannya dengan ekonom yang meyakini bahwa perlambatan hanya sementara dan laju pertumbuhan akan kembali bertambah cepat.

"Informasi yang diterima sejak pertemuan Federal Open Market Committee di bulan Maret mengindikasikan bahwa laju pertumbuhan pada aktivitas perekonomian telah membaik belakangan ini, setelah melambat tajam pada musim dingin sebagian karena kondisi cuaca yang membaik," menurut pernyataan FOMC. "Indikator pasar tenaga kerja mix namun secara keseluruhan menunjukkan kemajuan."

Wall Street mencetak kenaikan tipis menyusul pernyataan FOMC.

"Mengingat rebound yang cukup besar pada penjualan ritel, tenaga kerja dan produksi sektor industri di bulan Maret, sulit untuk membantah penilaian tersebut," ucap Paul Ashwowrth, kepala ekonom AS pada Capital Economist, terkait penilaian ekonomi the Fed. "Rebound datang terlambat untuk menyelamatkan tingkat pertumbuhan GDP kuartal pertama, namun kami memperkirakan adanya rebound yang kuat pada tingkat pertumbuahn kuartal kedua." Reaksi pasar kontras dengan pertemuan the Fed sebelumnya di bulan Maret, saat Gubernur the Fed Janet Yellen memicu aksi jual yang agresif dengan komentar yang diterjemahkan oleh pasar mengindikasikan tingkat suku bunga akan naik lebih cepat dari perkiraan.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar