Senin, 27 Maret 2017

world-economy  World Economy

Fitch Peringatkan Rating Kredit AAA Milik AS

Rabu, 16 Oktober 2013 16:34 WIB
Dibaca 466

Monexnews - Fitch Ratings pada hari Selasa memperingatkan bahwa dapat memangkas rating kredit Amerika Serikat dari AAA, terkait perdebatan politik mengenai kenaikan plafon hutang. "Meski Fitch terus mempercayai bahwa plafon hutang akan dinaikkan dalam waktu dekat, kebuntuan politik dan fleksibilitas pembayaran yang berkurang dapat meningkatkan resiko default AS," menurut pernyataan Fitch.

Agensi rating tersebut juga menilai kredibilitas hutang pemerintah AS sebagai Ratings Watch Negative, akiabt meningkatnya resiko default jangka pendek jika batas hutang tidak dinaikkan tepat waktu. Fitch memberikan waktu hingga akhir dari kuartal pertama tahun 2014 untuk memutuskan apakah akan benar-benar memangkas rating AS.

Meski demikian, Fitch masih mengakui keyakinannya bahwa kesepakatan untuk menaikkan plafon hutang dapat tercapai, membuat pemerintah AS dapat membayarkan hutangnya dengan meminjam lebih dari batas 16.7 trilyun dollar yang sudah dicapai saat ini. Fitch adalah satu-satunya dari agensi rating besar yang memiliki outlook negatif pada hutang pemerintah AS. Standard & Poor's menurunkan ratingnya menjadi AA+ dengan outlook stabil pada kebuntuan batas hutang yang lalu di bulan Agustus 2011.

"Ini nampaknya seperti apa yang kita lihat dari S&P sesaat sebelum downgrade, mereka memperingatkan bahwa kebuntuan batas hutang tidak akan ditolerir dan ini tidak sesuai dengan negara yang menyandang rating kredit AAA. Mereka mengatakan resiko default sebagai alasan utama… mereka sebenarnya mengatakan untuk mencapai kesepakatan batas hutang sekarang," ucap Gennadiy Goldberg, strategis suku bunga pada TD Securities di New York. Fitch kembali menegaskan bahwa penundaan dalam meningkatkan kapasitas pinjaman Amerika Serikat menimbulkan pertanyaan mengenai kemampuan Amerika Serikat untuk membayarkan obligasinya.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar