Sabtu, 16 Desember 2017

world-economy  World Economy

FKSSK Optimistis Indonesia Siap Hadapi 2014

Selasa, 17 Desember 2013 13:13 WIB
Dibaca 392

Monexnews - Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK) yang terdiri dari Pemerintah, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah menuntaskan rapat akhir periode 2013. Rapat FKSSK tersebut optimistis bahwa perekonomian Indonesia siap untuk menghadapi segala tantangan eksternal dan telah menyiapkan antisipasi atas segala hambatan, khususnya dalam menjelang pemilu tahun 2014. Sikap optimistis tersebut terlihat dari pernyataan Gubernur Bank Indonesia setelah rapat FKSSK.

"Kita melihat kondisi perekonomian yang baik. Terlihat kondisi nilai tukar rupiah, SUN (Surat Utang Negara), lembaga keuangan non bank, dan perbankan. Kita melihat, kita punya satu tingkat confidence (kepercayaan diri) untuk masuk ke 2014," ungkap Gubernur BI Agus Martowardojo di Jakarta, Senin (16/12).

Gubernur BI menegaskan bahwa Indonesia cukup percaya diri untuk menghadapi tantangan perekonomian, baik dari dalam maupun luar negeri. Dari luar, sambungnya, pengurangan stimulus oleh Bank Sentral Amerika (The Fed) menjadi tantangan utama. Yang paling penting, pihaknya telah siap untuk menghadapi tapering off dan membuat kondisi ekonomi semakin lebih baik. “Minggu lalu saat angka unemployment AS terjadi penurunan, kami pikir semuanya terjadi guncangan di negara berkembang termasuk Indonesia, tapi ternyata tidak. Justru ekonomi kita membaik,” ujarnya.

Sementara untuk tantangan dalam negeri, ia mengatakan bahwa sudah ada perbaikan untuk defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD). Ia menargetkan, tahun depan defisit anggaran pemerintah berada di bawah angka 3% dari PDB. "Indonesia akan lebih baik dari sebelumnya. Kalau sebelumnya kita melihat CAD belum di bawah 3%, sekarang kita sudah lihat bahwa kita akan menuju defisit di bawah 3%," ujarnya.

Namun demikian, Gubernur BI meminta agar semua pihak tetap waspada dengan kondisi yang ada. "Kita persiapkan diri yang terbaik, yang bisa kita jaga kita lakukan dengan baik. Kita tidak ingin memberi kesan terlalu percaya diri dan semua lengah. Kita ingin semua tetap waspada," tukas Gubernur BI. (nic)

 

Sumber: publikasi resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa perubahan

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar