Jumat, 24 Maret 2017

world-economy  World Economy

Fundamental AS Mendukung Spekulasi ‘Tapering’ Fed

Kamis, 5 Desember 2013 21:14 WIB
Dibaca 1127

Monexnews - Beberapa data ekonomi AS terbaru yang lebih baik dari perkiraan telah semakin memacu spekulasi bahwa Federal Reserve akan memulai pengurangan program stimulus lebih cepat dari harapan.

Laporan Departemen Tenaga Kerja AS pada hari Kamis menunjukkan jumlah pekerja yang mengajukan aplikasi baru untuk memperoleh tunjangan pengangguran turun sebesar 23.000 sepanjang pekan lalu menjadi 298.000. Selain merupakan yang terendah sejak awal September, angka tersebut juga mementahkan ekspektasi kenaikan menjadi 325.000 dari para ekonom. Sedangkan rata-rata klaim dalam 4-minggu, yang dinilai lebih sesuai untuk menggambarkan tren pasar tenaga kerja, turun sebanyak 10.750 ke level terendah sejak akhir September menjadi 322.250.

Sementara dalam waktu bersamaan Departemen Perdagangan AS merevisi naik pertumbuhan GDP AS untuk kuartal ke-3 menjadi 3,6% dari publikasi awal yang sebesar 2,8%. Namun sejumlah analis menilai bahwa laju pertumbuhan tercepat dalam 1½-tahun ini lebih didorong oleh penumpukan persediaan yang mencapai level tertinggi sejak tahun 1998. Pertumbuhan bisa berbalik merosot tajam pada kuartal ke-4 jika perusahaan menambah persediaan barang dalam kecepatan yang lebih lambat, menurut para analis tersebut.

Dengan serangkaian data ekonomi AS terbaru yang solid, bagaimanapun, pelaku pasar nampaknya masih tetap menantikan rilis data ketenagakerjaan AS hari Jumat besok untuk mempertimbangkan peluang terjadinya tapering program stimulus oleh Fed. Non Farm Payrolls AS diperkirakan akan menunjukkan pertumbuhan 180.000 lapangan kerja baru pada bulan November setelah mencatat kenaikan sebesar 204.000 pada bulan Oktober. Tingkat pengangguran AS diprediksi juga akan mengalami penurunan menjadi 7,2% dari sebelumnya 7,3%. Hasil yang lebih baik dari ekspektasi akan semakin memperkuat spekulasi bahwa bank sentral AS bisa mulai memperlambat laju pembelian $85 milyar obligasi per bulan dalam rapat kebijakan 17-18 Desember mendatang. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar