Minggu, 17 Desember 2017

world-economy  World Economy

G20 Berikan Janji Baru Mengenai Kebijakan Moneter

Jumat, 15 Februari 2013 20:07 WIB
Dibaca 1133

Monexnews -

Sebagai upaya terbaru untuk menenangkan kecemasan perang mata uang, kelompok negara G20 berjanji akan menjamin kebijakan moneter hanya terfokus pada kestabilan harga dan pertumbuhan, ketimbang bertujuan untuk melemahkan mata uang.

Pernyataan G20 ini dikeluarkan seiring berbagai kepala bank sentral berusaha untuk mengurangi spekulasi bahwa terjadi konflik atas penerapan level stimulus moneter terhadap nilai tukar.

Seperti kita ketahui beberapa langkah stimulus yang diambil akhir-akhir ini telah memicu tuduhan bahwa sebagian negara mengambil manfaat untuk melemahkan mata uangnya, dan mendongkrak ekspor namun merugikan negara lainnya.

Hal itu bisa terjadi karena salah satu kebijakan stimulus yang digunakan oleh bank sentral negara maju adalah quantitative easing, dimana bank sentral melakukan pembelian aset seperti obligasi pemerintah dengan menggunakan uang yang baru dicetak yang pada akhirnya akan meningkatkan supply mata uang seperti Dollar AS dan Poundsterling,  yang cenderung melemahkan nilai tukar.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar