Sabtu, 18 November 2017

world-economy  World Economy

G20 Sepakati Pentingnya Peran Pemerintah-Swasta dalam Proyek Infrastruktur

Selasa, 2 September 2014 10:32 WIB
Dibaca 816

Monexnews - Negara-negara anggota Forum G20 menyepakati pentingnya membangun suatu platform global untuk merumuskan peran sektor publik dan swasta dalam investasi jangka panjang pada proyek-proyek infrastruktur.

“Platform ini dibutuhkan dalam rangka meningkatkan kapasitas ekonomi negara-negara di dunia, khususnya negara berkembang, melalui peningkatan kemampuan dan ketersediaan sarana dan prasarana yang mendorong kegiatan ekonomi ke depan,” demikian dikatakan Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Yudi Pramadi dalam keterangan resminya akhir pekan lalu.

Sebelumnya, pada 28-29 Agustus 2014 lalu, Forum G20 melakukan pertemuan the 4th G20 Investment and Infrastructure Working Group di Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, salah satu aspek penting yang mendapat dukungan luas yaitu pembentukan lembaga yang berfokus pada kegiatan knowledge sharing dan exchange of information dalam bidang infrastruktur, termasuk dalam penyiapan perencanaan dan penyusunan proyek infrastruktur.

Lebih lanjut ia memaparkan, Indonesia sendiri telah berperan aktif dalam pembahasan rumusan berbagai agenda di G20. Secara konsisten, Indonesia telah mendorong agar investasi infrastruktur dapat menjadi agenda pembahasan prioritas dalam pertemuan Forum G20. “Bahkan sejak tahun 2011 diperjuangkan secara serius untuk menjadi agenda prioritas Forum G20,” ungkapnya.

Melalui peran aktif tersebut, lanjutnya, Indonesia dapat memperjuangkan kepentingan nasional untuk peningkatan kapasitas ekonomi domestik melalui peningkatan pembiayaan di sektor infrastruktur, sekaligus membantu negara-negara berkembang di luar G20 untuk mendapatkan akses yang lebih besar kepada sumber-sumber pembiayaan jangka panjang. “Termasuk pembiayaan oleh sektor swasta, yang diperlukan untuk mendukung program-program pembangunan nasional,” pungkasnya.(nv)


Sumber: Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa penyuntingan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar