Kamis, 19 Januari 2017

world-economy World Economy

Gagal Nego Harga, Maskapai Terbesar AS Putus Kerjasama dengan Situs Online

Rabu, 27 Agustus 2014 11:25 WIB
Dibaca 537

Monexnews - Perusahaan maskapai penerbangan terbesar di Amerika Serikat memutus hubungan bisnisnya dengan sebuah situs booking tiket online. Langkah ini diambil karena tidak ada solusi soal kuota tiket dari pihak direksi kepada pihak perantaranya itu. 

American Airlines Group (AAL), yang merupakan perusahaan merjer antara American Airlines dan US Airways, menghentikan kerjasama penjualan tiket dengan salah satu situs penerbangan terkenal, Orbitz. Kebijakan ini efektif berlaku per 1 September mendatang karena kedua pihak tidak mencapai kata sepakat dalam penentuan jatah tiket eceran yang dijual kepada konsumen.

Dalam pernyataan resminya, American Airlines Group menginformasikan kepada calon penumpang yang sudah membeli tiket melalui Orbitz untuk tidak khawatir. Mengingat mereka masih bisa menggunakan tiket tersebut sesuai dengan jadwal perjalanan yang ditentukan. Sementara dalam hal kerjasama penjualan untuk kelas bisnis, American Airlines dan Orbitz masih akan berkongsi melalui unit usaha Orbitz for Business.

"Kami sudah melakukan berbagai cara dengan Orbitz untuk mencapai kesepakatan harga supaya tiket tetap murah dan terjangkau bagi konsumen, namun tidak ada titik temu," ujar Presiden American Airlines, Scott Kirby, dalam pernyataan resminya. Di saat yang sama, pihak Orbitz mengklaim kalau American Airlines tidak mau memberikan jatah tiket lebih banyak dengan harga murah seperti yang dilakukan oleh maskapai lain. "Perusahaan maskapai lain seperti United, Delta dan JetBlue bahkan bersedia memberikan harga tiket yang lebih terjangkau," timpal Orbitz kepada media.

Di industrinya sendiri, Orbitz memang sedang menghadapi kompetisi ketat dengan perusahaan booking online lainnya seperti Expedia, Travelocity dan Priceline. Ketiganya kerap memberikan paket promosi besar-besaran untuk menarik konsumen, terutama wisatawan penggemar travelling.

[Harga saham American Airlines Group (NASDAQ:AAL) ditutup pada posisi $39.09 di sesi perdagangan Selasa (26/07) atau melemah 0.84% dibandingkan level pembukaannya.]


 (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar