Sabtu, 27 Mei 2017

world-economy  World Economy

GDP Korsel Kuartal-4 Direspon Hambar

Kamis, 24 Januari 2013 12:45 WIB
Dibaca 614

Monexnews - Perekonomian Korea Selatan mengalami peningkatan cukup tajam di kuartal akhir tahun lalu berkat tumbuhnya konsumsi swasta sehingga membantu menandingi ekspor yang saat ini lemah.

Namun laju ekspansi pemulihan lebih lambat dari harapan masyaakat, sehingga memberi tekanan pada bank sentral untuk melonggarkan kebijakan moneter guna mendukung pertumbuhan ekonomi.

Angka produk domestik bruto (GDP) sepanjang periode Oktober-Desember tumbuh sebesar 0.4% dari kuartal sebelumnya di angka pertumbuhan 0.1%, namun di bawah ekspektasi analis 0.5%, menurut pihak Bank of Korea. Sedangkan di angka year to year (y/y), GDP Korsel tumbuh 1.5%, masih sama dengan periode tahun lalu, dan cukup jauh di bawah taksiran para ekonom yang memprediksi 1.9%.

Angka tersebut setidaknya merupakan kenaikkan tercepat pertama untuk pertumbuhan sepanjang tiga kuartal terakhir. Dan mengindikasikan bahwa perekonomian terbesar ke-4 Asia tersebut mungkin sudah berada di titik nadir pada kuartal-3 sehingga ini merupakan momen untuk ‘recover’.(dar)

Rilis data GDP tersbut ditanggapi hambar saja oleh kalangan investor di bursa Seoul. Nampak indeks Kospi – Korea Selatan kembali terkoreksi di perdagangan hari Kamis (24/01) meskipun angka GDP di rliis cukup baik.

Hal itu lebih dikarenakan sentimen negatif pasar yang disebabkan lesunya perdagangan Wall Street setelah perusahaan Apple Inc, mengumumkan pendapatan yang mengecewakan pada hari Rabu kemarin. Sehingga hal itu otomatis menyeret turun saham-saham berbasis teknologi di bursa Kospi.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar