Selasa, 24 Januari 2017

world-economy  World Economy

GDP Spanyol Berakselerasi Di Kuartal Ke Empat

Kamis, 30 Januari 2014 16:13 WIB
Dibaca 435

Monexnews -

Pertumbuhan ekonomi Spanyol berakselerasi di kuartal ke empat, menggarisbawahi penilaian Perdana Menteri Mariano Rajoy bahwa negara dengan ekonomi terbesar ke empat di kasawan euro ini telah mengatasi kemerosotan pada berakhirnya booming di sektor real estate.

National Statistic Institute yang berbasis di Madrid pada hari ini mengatakan bahwa GDP berekspansi sebesar 0.3% di kuartal yang berakhir 31 Desember dari periode tiga bulan sebelumnya, meningkat untuk kuartal kedua beruntun untuk pertama kalinya sejak 2011. Angka tersebut, sesuai dengan estimasi dari Bank of Spain yang di rilis pada tanggal 23 Januari, setelah pertumbuhan sebesar 0.1% di kuartal ketiga. Mekipun begitu, GDP menyusut sebesar 1.2% untuk tingkat setahun penuh, setelah merosot sebesar 1.6% di tahun 2012, kata INE.

Rajoy mengandalkan belanja rumah tangga dan investasi untuk mencapai target di tahun 2014 setelah angka ekspor yang mencapai rekor tertinggi telah membantu mengurangi dampak dari pemotongan anggaran terbesar dalam sejarah demokrasi Spanyol pada tahun lalu. Pemerintahannya memprediksi ekspansi akan bergerak di kisaran 1% pada tahun ini yang akan membantu menstabilkan beban utang yang telah naik lebih dari dua kali lipat sejak tahun 2008.

“Ini Jelas bahwa situasi ekonomi akan membaik pada tahun ini,” kata Joseph Comajuncosa Ferrer, seorang professor eknomi di Esade Business School di Barcelona. Namun, kuncinya adalah adanya  kepercayaan ekonomi akan membaik pada  perusahaan dan rumah tangga  untuk membantu memulihkan jumlah pengangguran yang masih tinggi.

(fsyl)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar