Selasa, 30 Mei 2017

world-economy  World Economy

Gencatan Senjata Berakhir, Israel Kembali Dihujani Misil

Jumat, 8 Agustus 2014 13:20 WIB
Dibaca 687

Monexnews - Pihak militan Palestina di Selat Gaza kembali menembakkan misil menuju Israel pada hari Jumat setelah diskusi mediasi dengan Mesir di Kairo gagal memperpanjang gencatan senjata selama 72 jam dalam perang yang berlansung hampir selama sebulan. Menurut pernyataan polisi setempat, sirene misil menyala di bagian selatan Israel, sistem pertahanan militer “Iron Dome" menembak jatuh misil pada kota di selatan Israel, Ashkelon. Sahal satu juru bicara militer mengatak melalui Twitternya: “Pasca gencatan senjata selama 72 jam, pihak Hamas kembali meluncurkan misil ke arah Israel. Setidaknya ada 5 misil yang diluncurkan, salah satunya ditembak jatuh di Ashkelon."

Sebelumnya Israel telah mengatkan bahwa pihaknya sepakat untuk memperpanjang gencatan senjata seiring dikusi antara delegasi Israel dan Palestina yang dimediasikan oleh Mesir di Kairo untuk menghakhiri perang yang telah menghancurkan daerah kekuasaan Hamas. Juru bicara Hamas mengatakan pihak Palestina tidak setuju untuk memperpanjang gencatan senjata, namun akan melanjutkan negosiasi di Kairo.

Pihak Palestina menginginkan agar Israel menyetujui permintaannya yang termasuk penarikan blockade pada Selat Gaza, melepas tawanan dan pembukaan kembali pelabuhan laut. Hamas pada hari Kamis malam merilis pernyataan yang memperingatkan agar delegasi dari Palestina untuk tidak menyetujui perpanjangan gencatan senjata kecuali jika pihak Israel menawarkan kelonggaran. Tidak ada sinyal bahwa Israel setuju terhadap syarat-syarat tersebut. Pihak Israel juga menjelaskan bahwa pihaknya akan merespon keras jika diserang dan meningkatkan prospek untuk mengambil alih Selat Gaza untuk menggulingkan pemimpin Hamas. "Israel akan mengambil langkah keras jika pihak Hamas kembali menyerang dan menurutku kali ini kami akan mempertimbangkan opsi pengambilalihan Selat Gaza untuk menghentikan rezim Hamas," ucap Yuval Steinitz pada Army Radio.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar