Kamis, 30 Maret 2017

world-economy  World Economy

Gencatan Senjata Gaza Memasuki Hari Kedua

Kamis, 7 Agustus 2014 10:12 WIB
Dibaca 641

Monexnews - Gencatan senjata selama 72 jam di Gaza memasuki hari kedua pada hari Rabu dan pihak Israel mengatakan pihaknya siap memperpanjang kesepakatan gencatan senjata tersebut seiring pihak mediator Mesir berdiskusi dengan pihak Israel dan Palestina mengenai solusi jangka panjang untuk mengakhiri perang yang telah menghancurkan wilayah kekuasaan Hamas. Kepala badan intelegen Mesir bertemu dengan delegasi Palestina di Kairo, menurut agensi berita MENA, sehari setelah bertemu dengan perwakilan dari Israel. Pihak Palestina, dipimpin oleh pekabat dari partai Presiden President Mahmoud Abbas, mengikutsertakan utusan dari pihak Hamas dan grup Jihad Ismalik.

"Duskusi secara tidak langsung antara Palestina dan Israel sedang berlanjut," ucap salah satu petinggi Mesir, menjelaskan bahwa kedua pihak tidak bertemu langsung. "Masih terlalu awal untuk mendiskusikan mengenai hasil namun kami optimis." Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shukri mengatakan bahwa negaranya sedang berusaha keras untuk mencapai kesepakatan dan mencari “solusi untuk melindungi warga Palestina dan kepentingannya".

Di pihak lain, salah satu petinggi Israel mengatakan pihak Israel “telah menyatakan kesiapannya untuk memperpanjang gencatan senjata di bawah syarat saat ini,” melewati hari Jumat yang merupakan batas waktu kesepakatan gencatan senjata selama 3 hari yang dimulai hari Selasa. Salah satu pemimpin politik Hamas di Kairo, Moussa Abu Marzouk, pada hari Rabu malam mengatakan “tidak ada kesepakatan” untuk memperpanjang gencatan senjata. "Memperpanjang periode gencatan senjata selama 72 jam ini tidak didiskusikan “dengan pihak Hamas di Kairo hari ini)," ucap Sami Abu Zuhri, juru bicara Hamas di Gaza.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar