Selasa, 23 Mei 2017

breaking-news GBPUSD turun ke 1.2972 pasca teror bom di Inggris

world-economy  World Economy

George Soros: Presiden Putin Momok bagi Uni Eropa

Jumat, 24 Oktober 2014 14:06 WIB
Dibaca 1708

Monexnews - Miliarder kenamaan George Soros memunculkan kontroversi baru soal konflik dingin antara blok barat dan negara Rusia. Guru investasi ini menyebut presiden Vladimir Putin sebagai ancaman utama bagi Uni Eropa sehingga harus diperangi.

Dalam sebuah tulisan yang dipublikasikan oleh New York Review of Books, Soros menyerukan kepada 28 anggota Uni Eropa untuk 'bangun dan siap memerangi Rusia'. Ia melihat selama ini pemimpin negara Eropa dan 18 negara zona Euro hanya menganggap remeh krisis kedaulatan di Ukraina. Sebagian besar dari mereka masih terjebak dalam kesulitan ekonomi pasca krisis keuangan tahun 2008 silam dan tidak melihat konflik di negara tetangganya itu sebagai ancaman stabilitas regional. 

"Sekarang Rusia memberikan ujian terhadap nilai-nilai dan prinsip yang dianut oleh Uni Eropa. Mereka menggunakan cara-cara represif dan melakukan agresi ke luar negeri," tulis Soros. Salah satu hal yang mengejutkan Soros adalah bagaimana Rusia mampu bersikap superior di hadapan warga Eropa, meski Moskow nyaris tanpa dukungan dari negara-negara satu kawasan. "Mereka unggul secara taktik, setidaknya untuk jangka pendek," tambahnya.

Apabila negara-negara Eropa hanya berdiam diri dan membiarkan Rusia mengacak-acak Ukraina, maka pengaruh Vladimir Putin akan semakin kuat. Bukan tidak mungkin secara politik Rusia bisa memperluas pengaruhnya di wilayah Eropa Timur. "Sistem birokrasi di Uni Eropa tidak lagi menunjukkan monopoli kekuasaan. Eropa harus belajar lebih bersatu, fleksibel dan efisien. Lihatlah Ukraina yang baru dan bagaimana mereka hidup," imbuh Soros. Menurutnya, cara terbaik bagi Uni Eropa untuk lepas dari ancaman politik Rusia adalah dengan menyelamatkan kedaulatan Ukraina.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar