Kamis, 27 Juli 2017

world-economy  World Economy

Geser Afsel, Nigeria Jadi Negara Perekonomian Terbesar Afrika

Senin, 7 April 2014 14:35 WIB
Dibaca 1313

Monexnews - Nigeria resmi menjadi negara perekonomian terbesar di benua Afrika. Berdasarkan revisi data produk domestik bruto (GDP) tahun 2013, nilai perekonomian negara ini sudah melampaui Afrika Selatan.

Nilai GDP Nigeria untuk tahun 2013 adalah sebesar 80.3 triliun Neira atau setara $509.9 miliar (data: Kantor Pusat Statistik). Angka itu lebih besar jika dibandingkan dengan negara Afrika Selatan, yang GDP-nya setara $370.3 miliar di akhir 2013. Perhitungan GDP Nigeria meliputi juga hasil produksi di sektor telekomunikasi, teknologi informasi, musik, penjualan online, penerbangan dan produksi film. Pada periode perhitunga sebelumnya, seluruh poin tersebut tidak masuk dalam kalkulasi statistik.

Meskipun nilai perekonomian Nigeria lebih tinggi dibandingkan Afrika Selatan, bukan berarti kesejahteraan bisa terserap dengan baik oleh warganya. Komposisi antara angka GDP dan jumlah penduduk dianggap tidak seimbang karena populasi Nigeria mencapai 170 juta jiwa atau tiga kali lebih banyak dibandingkan warga Afrika Selatan. Fakta itu bisa diukur dengan melihat pendapatan per kapita antara kedua negara, di mana GDP Afrika Selatan tiga kali lebih tinggi dibandingkan Nigeria.

Kritik langsung bermunculan dari pelaku bisnis dan keuangan dalam menyikapi hasil laporan pemerintah itu. Analis keuangan bernama Bismarck Rewane yang diwawancarai Reuters mengatakan bahwa revisi GDP tersebut adalah simbol 'kesombongan'. "Pengumuman itu tidak mengubah apapun. Tidak berdampak pada penambahan modal di bank ataupun menghasilkan bahan makanan. Tidak ada pengaruhnya sama sekali," ujarnya sinis.

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar