Minggu, 22 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

world-economy  World Economy

Geser PIMCO, Vanguard Didapuk sebagai Investor Obligasi Terbesar Dunia

Selasa, 5 Mei 2015 15:39 WIB
Dibaca 2980

Monexnews - Selama hampir dua dasawarsa, Pacific Investment Management Co. (PIMCO) menikmati statusnya sebagai perusahaan pengelola investasi berbasis obligasi terbesar dunia. Namun kini predikat tersebut resmi diambilalih oleh Vanguard Group, yang setahun lalu bahkan masih jauh di belakang PIMCO untuk urusan dana kelolaan.

Sampai dengan hari Senin kemarin, total dana kelolaan Vanguard dalam Total Bond Market Index mencapai $117,3 miliar. Jumlah itu melampaui dana kelolaan PIMCO dalam produk Total Return Fund yang 'hanya' sebesar $110,4 miliar.

Satu tahun lalu, jumlah dana kelolaan keduanya terpaut lebih dari $100 miliar, di mana PIMCO masih menjadi bank investasi obligasi terbesar dunia. Namun kepergian salah satu pendirinya, Bill Gross, membuat kepercayaan investor terhadap perusahaan ini semakin berkurang.

PIMCO Total Return pertama kali tercatat sebagai parameter investasi obligasi terbesar dunia di tahun 1997 dengan puncak kejayaannya terjadi bulan April 2013, di mana total dana kelolaan PIMCO kala itu mencapai $293 miliar. Total Return Fund milik PIMCO seakan menjadi simbol kelihaian perusahaan dalam mengelola dana nasabah di instrumen surat hutang.

Sayangnya kepergian Bill Gross di tahun 2014 membuat investor enggan berpartner dengan PIMCO. Pasalnya ia merupakan kunci sukses perusahaan dan magnet bagi investor sebelum berkonflik dengan pihak manajemen dan hengkang mendirikan perusahaan baru bernama Janus Capital. PIMCO sendiri masih menguasai total dana kelolaan sekitar $1,6 triliun sampai sekarang.

Di sisi lain, Vanguard justru menikmati momentum penurunan kinerja PIMCO melalui produk investasi andalannya. Menurut perhitungan media Morningstar, return rata-rata yang dihasilkan oleh PIMCO dalam Total Return Fund adalah sebesar 1,36% atau lebih tinggi dari rata-rata pengembalian investasi Vanguard yang hanya 0,91% di tahun 2015. Namun jumlah dana yang ditarik oleh investor dari kas PIMCO sepanjang tahun lalu mencapai $103 miliar, di mana sebagian besar terjadi pasca kepergian Bill Gross. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar