Senin, 29 Mei 2017

world-economy  World Economy

Gfk: Sentimen Konsumen Inggris Capai Level Tinggi 9 Tahun

Jumat, 27 Juni 2014 8:38 WIB
Dibaca 714

Monexnews - Sentimen konsumen Inggris menyentuh level tertinggi dalam lebih dari 9 tahun bulan lalu seiring masyarakat Inggris menjadi lebih optimis terhadap pemulihan ekonomi, menurut hasil survey hari Jumat. Penyelenggara survey Gfk mengatakan indeks bulanan kepercayaan konsumen naik menjadi +1 di bulan juni dari 0 di bulan Mei, level tertinggi sejak Maret 2005, meski di bawah estimasi analis untuk kenaikan menjadi +2. Survey ini menunjukkan beanja konsumen akan menjadi salah satu penggerak utama dalam pemulihan ekonomi Inggris yang cepat, seiring optimisme pterhadap perekonomian dalam 12 bulan kedepan mencapai level tertinggi setidaknya dalam 10 tahun.

"Beberapa bulan kedepan akan menarik, mengingat peralihan menuju area positif sebelumnya hanya sementara yaitu di bulan Januari dan Maret 2005," ucap Nick Moon, direktur manajer riset sosial pada GfK. "Terkahir kali indeks berada konsisten pada level positif adalah di tahun 2002, dan ini harus menjadi target selanjutnya dari sudut panjang pemerintah seiring kita mendekati periode pemilu." Penilaian konsumen terhadap situasi keuangan pribadi dalam 12 bulan kedepan adalah satu-satunya komponen indeks Gfk yang turun.

Survey terpisah pada hari Jumat menunjukkan sumber pertumbuhan lain bagi perekonomian Inggris yaitu sektor perumahan, sedikit mereda pada bulan lalu. Hometrack mengatakan harga rumah bertumbuh sebesar 0.3% di bulan Juni dibandingkan dengan 0.5% di bulan Mei, sementara hanya sekitar 3 distrik di Inggris dan Wales yang melaporkan kenaikan harga rumah, turun dari 50% pada bulan lalu.

"Kenaikan tingkat permintaan telah terjadi pada pasar dalam 18 bulan terakhir menciptakan tekanan naik pada harga rumah. Trend ini nampaknya memduar saat ini dengan tidak adanya perubahan pada tingkat permintaan sektor perumahan dari bulan ke bulan," ucap Richard Donnell, direktur riset pada Hometrack. Survey ini datang sehari setelah Bank of England memberlakukan batas pertama mengenai seberrapa banyak masyarakat dapat meminjam untuk membeli rumah, dalam usaha untuk mencegah kenaikan tingkat hutang dan kenaikan harga rumah yang tajam. Hometrack mengatakan bahwa pihaknya memperkirakan laju pertumbuhan harga rumah akan melambat dalam beberapa bulan kedepan.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar