Kamis, 30 Maret 2017

world-economy  World Economy

GfK: Sentimen Konsumen Jerman Melonjak ke Level Puncak 6-Tahun

Rabu, 27 November 2013 16:24 WIB
Dibaca 480

Monexnews - Sentimen konsumen di Jerman melambung ke level tertinggi dalam lebih dari 6-tahun, didukung oleh pertumbuhan pasar tenaga kerja yang mengesankan ekspektasi pendapatan yang solid, berdasarkan hasil survey bulanan terhadap sekitar 2.000 konsumen.

"Konsumen akan menjadi pilar utama yang menentukan perekonomian tahun ini, dan akan memainkan peran kunci dalam pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan pada tahun 2014," kata lembaga riset pasar Jerman, GfK, pada hari Rabu.

Laporan GfK menunjukkan indeks sentimen konsumen Jerman akan naik menjadi 7,4 pada bulan Desember dari 7,1 pada bulan ini, yang mematahkan ekspektasi kenaikan tipis menjadi 7,1 dari para ekonom. Kendati indikator utama GfK ini mengacu pada bulan Desember, semua sub-indikator tetap mengacu pada bulan berjalan.

Hasil survey tersebut juga memperlihatkan ekspektasi penghasilan konsumen meningkat ke level tertinggi sejak Maret 2001. Sementara indeks minat belanja menyentuh level tertinggi 7-tahun seiring ekspektasi ekonomi rumah tangga bertengger di level tertinggi sejak Juli 2011.

Sejumlah analis berpendapat jika hasil survey GfK ini akan menjadi modal berharga bagi peritel Jerman dalam menyambut musim Natal. Asosiasi peritel, HDE, memprediksi penjualan pada musim Natal tahun ini akan meningkat 1,2% dari periode yang sama tahun lalu. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar