Minggu, 24 September 2017

world-economy  World Economy

Gita Wirjawan Mengundurkan Diri dari Posisi Menteri Perdagangan

Jumat, 31 Januari 2014 12:14 WIB
Dibaca 511

Monexnews - Spekulasi yang beredar dalam sepekan terakhir di kalangan birokrat dan media akhirnya benar-benar terbukti hari ini. Gita Wirjawan resmi mengundurkan diri dari posisinya sebagai Menteri Perdagangan Republik Indonesia untuk maju sebagai calon presiden via konvensi Partai Demokrat.

Rumor soal pengunduran diri Gita makin mengemuka kemarin karena dalam akun Twitternya, eks-bankir JP Morgan ini mengatakan segera mengambil keputusan terbesar dalam karirnya sebagai anggota kabinet. Seperti dilansir oleh media tanah air, Kompas, Gita sudah menyampaikan surat resignasinya kepada Presiden RI dan ia akan efektif tidak bekerja sebagai menteri per 31 Januari 2014.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dikabarkan menerima pengunduran diri salah satu anggota kabinetnya tersebut. Gita melepaskan jabatannya supaya lebih fokus dalam proses pencalonan dirinya sebagai presiden Republik Indonesia periode 2014-2019. Sebagai capres konvensi Partai Demokrat, ia tidak ingin jabatannya sebagai anggota pemerintahan berbenturan dengan misi politiknya. "Saya sudah minta mundur sejak satu tahun lalu setelah dipastikan ikut dalam konvensi," terang Gita kepada awak media di kantor Kementerian Perdagangan.

Dalam sebuah wawancara terpisah dengan BeritaSatu, Gita berjanji akan memilih anggota kabinet yang berlatar belakang profesional sesuai bidangnya masing-masing. Menurutnya, terlalu banyak politisi di pemerintahan justru membuat kepemimpinan nasional menjadi tidak efektif. "Saya tidak akan membangun kabinet yang berisikan banyak politisi. Saya mencari orang-orang yang ahli dan profesional," janji Gita pagi ini.

Gita Wirjawan merupakan mantan pebisnis sektor perbankan yang memiliki karir cukup cemerlang. Setalah menduduki posisi tertinggi di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), pria lulusan Harvard University ini ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan pada tahun 2011 lalu. Ia menggantikan posisi Marie Elka Pangestu, yang digeser oleh Presiden SBY ke jabatan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar