Minggu, 17 Desember 2017

world-economy  World Economy

Goldman: Ekonomi Australia Tetap Mandek Tahun Depan

Rabu, 3 Desember 2014 13:59 WIB
Dibaca 799

Monexnews - Perekonomian Australian melemah sepanjang tahun 2014. Potret buram tersebut diprediksi akan berlangsung hingga beberapa kuartal ke depan karena sektor-sektor ekonomi belum sehat. 

Seperti diberitakan pagi tadi, pertumbuhan ekonomi negeri kangguru melambat di kuartal III 2014. Perekonomian hanya mampu tumbuh 0,3% pada triwulan lalu, lebih rendah dari estimasi (0,7%). Dalam rincian pembacaan angka produk domestik bruto (GDP), konsumsi warga Australia hanya naik 0,6% di kuartal III. Di saat yang sama, belanja modal perusahaan justru turun 2,7% setelah sempat meningkat 0,3% di kuartal II lalu. Belanja perusahaan di Australia memang menurun drastis di tengah trend penurunan harga komoditas dan kelesuan ekonomi di negara mitra dagangnya yaitu China. Melonjaknya jumlah pengangguran turut menurunkan kemampuan belanja barang dan jasa warga.

Bank investasi Goldman Sachs memperkirakan kinerja ekonomi Australia masih akan lemah di tahun 2015. Oleh karena itulah bank sentral diprediksi kembali memangkas suku bunga acuan untuk menjaga denyut ekonomi. "Inflasi akan tetap rendah, pengangguran terus bertambah dan harga komoditas masih menurun sehingga pertumbuhan Australia akan stagnan sepanjang semester I," demikian ulas Goldman seperti dilansir oleh Dow Jones Newswires. Tidak hanya itu, investasi di sektor pertambangan diyakini kembali sepi, harga rumah anjlok dan anggaran belanja pemerintah tetap minim. Kombinasi tersebut akan memaksa Reserve Bank of Australia untuk memangkas suku bunga di bulan Maret dan Agustus 2015 sehingga cash rate menjadi hanya 2,0%. Beberapa lembaga keuangan kurang lebih juga melontarkan prediksi yang sama tentang prospek kebijakan moneter negeri kangguru. Alhasil, trend pergerakan kurs Dollar Australia belum akan mengarah ke atas dalam dua kuartal mendatang. 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar