Selasa, 24 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Gubernur BOJ: Stimulus Mulai Berbuah Hasil

Senin, 29 Juli 2013 11:46 WIB
Dibaca 624

Gubernur Bank of Japan, Haruhiko Kuroda, hari ini mengatakan bahwa otoritas sudah melihat adanya gejala perbaikan pasca pengucuran stimulus moneter yang dimulai April lalu. Aura kemajuan sudah terlihat di sektor pasar keuangan, ekonomi riil dan ekspektasi kenaikan harga. Namun demikian, Kuroda memandang target inflasi 2% masih jauh dari harapan. 

Monexnews - "Tidak semua hal terjadi karena pelonggaran moneter April lalu, namun tidak bisa dipungkiri kalau itu merupakan faktor utamanya," ujar Kuroda dalam sebuah jinferensi pers. Pada bulan April, BOJ mengambil kebijakan longgar yang mampu membantu kenaikan indeks harga konsumen (core inflation) untuk kali pertama dalam 14 bulan terakhir. Data yang dirilis pemerintah pada hari Jumat menunjukkan bahwa indeks tercatat naik 0.4% (on-year) pada bulan Juni lalu.

Kurang dari 4 bulan sejak Kuroda merilis stimulusnya, beberapa analis menyebut upaya BOJ sudah berbuah hasil. Ada pula yang belum yakin dengan efektivitas kebijakan bank sentral sampai CPI inti naik secara konsisten dalam beberapa bulan ke depan. Terlebih lagi, kenaikan bulan Juni lebih banyak dipengaruhi oleh lonjakan harga bahan bakar dan pelemahan nilai tukar Yen.

Kuroda juga masih mempertahankan target inflasi 2% untuk dicapai pada periode waktu Maret 2016. Awal bulan ini, BOJ menaikkan penilaian ekonominya dengan menyertakan kalimat paling optimis dalam dua tahun terakhir yaitu "perekonomian mulai pulih secara perlahan." Nilai tukar Yen saat ini terpantau di level 97.815 per Dollar.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar