Kamis, 19 Januari 2017

world-economy World Economy

Gubernur BOJ: Target Inflasi dalam Jangkauan

Kamis, 26 Desember 2013 14:21 WIB
Dibaca 408

Monexnews - Perdana Menteri dan Gubernur Bank Sentral Jepang baru saja bertemu pagi ini guna membahas dinamika kebijakan nasional. Kedua pihak sepakat kalau perekonomian Jepang berjalan di jalur yang benar guna mengejar target inflasi 2%. 

Dalam jumpa pers, gubernur Bank of Japang mengatakan pemerintah puas dengan hasil kebijakan lembaganya. "saya katakan kepada Abe kalau Jepang berada di jalur yang tepat untuk mencapai target inflasi 2%," imbuh Haruhiko Kuroda kepada awak media. Ia mengakui kalau perdana menteri Abe lebih banyak mendengarkan penjelasannya ketimbang berbicara.

Terlepas dari minimnya petunjuk dari Kuroda, pelaku pasar menginterpretasikan jika pertemuan antara pihak pemerintah dan bank sentral mengandung wacana tertentu. Media bahkan mengklaim Shinzo Abe berupaya menekan Bank of Japan untuk memperlonggar lagi kebijakan moneternya. Dua orang penasihat perdana menteri, yakni Koichi Hamada (Profesor Yale University) dan Etsuro Honda (Profesor Shizuoka University) konon memperingkatkan Kuroda untuk bereaksi cepat apabila kenaikan pajak konsumsi dari 5% menjadi 8% nantinya berpengaruh buruk ke perekonomian.

Dalam wawancara terakhir dengan Wall Street Journal, kedua penasihat ekonomi memaparkan beberapa strategi moneter yang bisa diambil oleh bank sentral termasuk penambahan porsi pembelian obligasi pemerintah dan aset exchange-traded equity funds. Mereka bahkan melihat program pembelian obligasi bisa berlangsung secara beriringan dengan pemborongan aset hutang berbasis kredit perumahan.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar