Minggu, 28 Mei 2017

world-economy  World Economy

Gubernur Bundesbank: Sidang OMT bukan 'ECB versus Bundesbank'

Senin, 10 Juni 2013 15:24 WIB
Dibaca 426

Monexnews - Pengadilan Konstitusi Jerman pekan ini akan membuka persidangan tentang legalitas program Outright Monetary Transactions atau OMT yang dilakukan oleh European Central Bank (ECB). Para hakim yang ditunjuk bersiap mendengar penjelasan ECB tentang program pembelian obligasi negara-negara bermasalah. 

Gabungan politisi, advokat dan warga Jerman menggugat ECB terkait kebijakan OMT yang diambil otoritas moneter Eropa. Pihak penggugat ingin pengadilan memutuskan apakah sesungguhnya parlemen Jerman memiliki wewenang dalam pengambilan keputusan yang menyangkut langkah-langkah penyelamatan zona Euro. Mereka menilai OMT memiliki risiko besar yang rentan merugikan warga Jerman karena uang yang dipakai dalam mekanisme itu adalah hasil pajak masyarakat. Pihak penggugat pada intinya ingin mencari tahu sejauh mana wewenang parlemen dalam pemberian restu kebijakan pemerintah dan ECB. Mengingat para anggota legislatif tidak pernah mampu melawan segala upaya penanganan krisis hutang Eropa.

Dengar pendapat antara hakim konstitusi dan ECB akan berlangsung di Karlsruhe pada hari Selasa dan Rabu ini. Pihak Bank Sentral Jerman juga akan hadir untuk didengarken keterangannya sebagai ahli moneter. Patut diketahui bahwa Bundesbank memang bukan bagian dari pihak penggugat, namun otoritas moneter Jerman ini berulangkali mengutarakan kecamannya terhadap langkah-langkah penanggulangan krisis ECB termasuk program OMT. Maka tidak heran jika pada dengar pendapat esok hari pihak Bundesbank akan benar benar-benar menumpahkan rasa keberatannya yang dipendam selama ini.

Menyikapi apa yang akan terjadi dalam 3 hari ke depan, Gubernur Bundesbank dengan tegas menyatakan bahwa dengar pendapat nanti bukan lah arena pertarungan antara pihaknya dan ECB. "(Sidang) ini bukan tentang dua bank sentral, meskipun kedua belah pihak diundang untuk bicara sebagai pakar ahli," ujar Jens Weidmann beberapa saat lalu. Ia menegaskan putusan sidang konstitusi hanya akan menentukan keabsahan OMT dari sudut pandang legislatif dan bukan bertujuan menyerang suatu institusi. Weidmann sendiri adalah salah satu sosok yang paling kritis dalam merespon kebijakan ECB, khususnya pembelian obligasi. Ia menyebut langkah ini sama artinya dengan membiayai pemerintahan negara lain dan berisiko memicu inflasi. Dalam sebuah konferensi ia bahkan menyatakan mandat bank sentral Eropa harus diperketat dan diawasi oleh perundang-undangan.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar