Rabu, 22 November 2017

world-economy  World Economy

Habis Dana, Badan Pemerintah AS Non-aktifkan Layanan IT

Rabu, 2 Oktober 2013 11:35 WIB
Dibaca 620

Monexnews - Mulai 1 Oktober tengah malam waktu Amerika Bagian Timur, beberapa badan dan lembaga pemerintahan resmi tidak beroperasi karena ketiadaan anggaran. Sekitar 800.000 pegawai negeri dirumahkan untuk sementara waktu sampai pemberitahuan lebih lanjut. Prinsipnya, seluruh tenaga kerja yang tidak terkait dengan pertahanan, aparat hukum, perbatasan wilayah dan transportasi dipastikan libur.

Di samping sektor-sektor tersebut, aspek lain yang sangat terpukul oleh pemberlakuan shutdown adalah sistem teknologi informasi atau IT. Pemerintah merupakan salah satu konsumen teknologi terbesar di Amerika Serikat. Total investasi negara di anggaran federal tahun 2013 mencapai $78 miliar. Maka tidak heran kalau beberapa departemen harus menutup seluruh akses dan layanan informasi berbasis teknologi sejak hari Selasa. Ketergantungan terhadap fasilitas teknologi semakin tinggi dalam satu dasawarsa terakhir sehingga putusnya layanan online sama saja dengan menghentikan nyaris seluruh aktivitas administrasi warga.

Departemen Pertanian resmi menutup situs webnya dengan pemberitahuan di laman utama yang berbunyi "Karena masalah pendanaan pemerintah, situs ini tidak tersedia untuk sementara waktu". Sementara instansi lain masih ada yang membiarkan website resmi tetap aktif walaupun isinya tidak diperbarui. Pemberitahuan juga sudah ditampilkan pada laman depan untuk memberi penjelasan kepada publik. Selain situs web, akun jejaring sosial beberapa departemen bahkan tampak sepi dan juga tida di-update seperti biasa. Badan pengawas pangan bahkan hanya menulis tweet permohonan maaf dan berjanji untuk kembali memperbarui informasi saat shutdown berakhir.

Department of Health and Human Services adalah instansi dengan alokasi anggaran IT terbesar di Amerika. Kas untuk keperluan IT senilai $7.1 miliar yang dipunyainya setara dengan 9% dari total anggaran IT negara. 1 Oktober menjadi momen penting bagi departemen pengawas kesejahteraan masyarakat ini karena merupakan waktu pembukaan masa pendaftaran program Obamacare. Layanan kesehatan terjangkau yang diprakarsai oleh presiden Amerika adalah salah satu poin perdebatan antara kongres dan kabinet beberapa waktu lalu. Menurut laporan terbaru, website yang mengelola pendaftaran tunjangan kesehatan ini berfungsi sebagaimana mestinya. Menurut lembaga peneliti Federal Computer Week, seluruh sistem IT pemerintah sesungguhnya masih mendukung operasional departemen namun penghentian aktivitas IT memang menjadi domain penyelenggara negara.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar