Minggu, 23 Juli 2017

world-economy  World Economy

Hadapi Isu Anggaran, Obama akan Tunjuk Penasihat Baru

Rabu, 29 Mei 2013 11:28 WIB
Dibaca 431

Monexnews - Dalam waktu yang tidak lama lagi, Presiden Amerika Serikat (AS) diprediksi akan mengangkat penasihatnya yaitu Jason Furman sebagai Kepala Ekonom Gedung Putih yang baru. Ia di-plot menggantikan Alan Krueger yang mundur dari jabatannya sebagai Kepala Council of Economic Advisers (CEA) atau dewan penasihat presiden urusan ekonomi.

Alan Furman adalah 'orang lama' Barack Obama yang kerap memberi asistensi dan masukan terkait kebijakan ekonomi pemerintah. Ia memiliki gelar Ph.D bidang ekonomi dari Harvard University dan telah mengabdi pada Obama sejak pemilu tahun 2008. Tidak hanya itu, Furman juga mempunyai peran sentral dalam proses rancangan formula kebijakan pajak, pemulihan resesi Amerika dan proses negosiasi 'fiscal cliff' akhir tahun lalu. Saat ini ia menjabat sebagai asisten untuk presiden di White House National Economic Council (NEC) dan beberapa tahun silam sempat menduduki posisi ekonom di pemerintahan Bill Clinton. Sebagai Kepala CEA, Furman nantinya akan memberikan nasihat kepada presiden terkait kebijakan ekonomi domestik dan luar negeri berdasarkan riset dan data-data. Posisinya berada dalam keanggotaan kabinet, yang penunjukannya harus mendapat restu parlemen. Banyak pihak menilai Furman adalah kandidat terbaik untuk menjadi 'pembisik' Obama di masa depan. Hubungannya dengan presiden dan staf kementerian cukup bagus dan tidak pernah ada pihak yang keberatan dengan kiprah Furman.

"Jason punya skill analisa yang baik dan pengalaman luas, presiden mau mendengarkannya," ujar Austan Goolsbee, Profesor di University of Chicago dan mantan Kepala CEA. Sementara Jason Bordoff dari Columbia University menyebut Furman sebagai sosok yang komplit. "Sulit menemukan orang dengan kombinasi seperti dia. Pengalamannya dalam hal kebijakan sama bagus dengan kemampuannya dalam menganalisa masalah," ujar Bordoff.

Penunjukan Furman menjadi sinyal terjadinya pertarungan lanjutan antara pemerintah dan kongres terkait proposal anggaran dan pemberlakukan pajak. Mengingat ia merupakan salah satu sosok penting yang berada di balik presiden Obama saat berseteru dengan pihak legislatif dalam isu-isu terdahulu. Lebih dari itu, reputasi CEA di Gedung Putih akan semakin meningkat, di mana segala kebijakan ekonomi presiden berada di bawah pengaruh Furman.

Sementara itu Alan Krueger, yang telah menjabat sebagai Kepala CEA sejak November 2011, telah memutuskan kembali menjadi staf profesor di Princeton University. "Alan adalah orang yang berada di belakang saya saat pemerintah mengajukan program pemulihan ekonomi dan peningkatan jumlah warga golongan menengah," ujar Obama dalam pernyataan resminya. Berkat kontribusinya itu, Obama mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Krueger.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar