Senin, 23 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Hamas-Israel Sepakati Gencatan Senjata 3 hari

Jumat, 1 Agustus 2014 14:40 WIB
Dibaca 535

Monexnews - Militer Israel dan Hamas Palestina dikabarkan sepakat melakukan gencatan senjata selama 3 hari di Jalur Gaza. Kepastian itu didapat setelah Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry dan Sekjen PBB, Ban Ki-moon, mengadakan jumpa pers bersama di New Delhi.

Juru bicara Hamas menegaskan bahwa seluruh faksi militer Palestina sepakat menghentikan konflik senjata. Sikap tersebut kemudian diamini oleh Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu siang ini.

Pihak Israel, Hamas dan organisasi perlawanan Palestina lainnya akan berkunjung ke Cairo untuk menggelar negosiasi damai. Pertemuan ini diupayakan oleh PBB dan Amerika Serikat sebagai komitmen jangka panjang untuk perdamaian ketimbang kesepakatan temporer. Namun selama proses perundingan berlangsung, Israel tidak akan menarik pasukannya dari wilayah Gaza.

“Kami menyeruka semua pihak untuk mematuhi gencatan senjata dan memegang janjinya untuk tidak saling menyerang," demikian bunyi pernyataan bersama tersebut. Masa rehat perang selama tiga hari akan dimanfaatkan untuk pengiriman bahan pangan dan obat-obatan kepada warga yang tinggal di sana serta pemakaman para korban jiwa.

John Kerry dan pejabat keamanan Amerika menyatakan siap mengadakan dialog lanjutan untuk menyelesaikan masalah antara dua piha yang berseteru. Proses tawar menawar masih berlangsung alot karena Israel dan Palestina memaksakan kehendaknya masing-masing. Kalau Hamas menginginkan Israel dan Mesir untuk menghentikan blokade perbatasan, maka Israel juga meminta seluruh grup militan di Palestina dilcuti senjatanya. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar