Minggu, 22 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

world-economy  World Economy

Harga Rumah di Cina Kembali Meningkat

Kamis, 18 Juli 2013 11:26 WIB
Dibaca 359

Monexnews - Harga rumah kembali meningkat di bulan Juni dan ini tentunya menegaskan kesulitan upaya Beijing untuk meredam kenaikan harga rumah. Harga rumah baru di 70 kota besar mencatatkan kenaikan bulanan sebesar 0,8% di Juni setelah meningkat 0,9% di Mei. Namun, jika dihitung tahunan maka harga rumah telah meningkat 6,8%; kenaikan enam tahun berurutan dan yang tertinggi sejak 2011. Harga rumah di Beijing dan Shanghai bahkan mencatatkan pertumbuhan tahunan 12,9% dan 11,9%. 

Berlanjutnya kenaikan harga rumah telah membuat pemerintah cemas dengan potensi gejolak sosial mengingat penduduk Cina yang mencapai 1,34 miliar. Beijing telah memperintahkan pemerintah daerah untuk memperketat kebijakan di sektor properti demi meredam lonjakan harga. Namun, implementasi di lapangan cukup berbeda. Pemerintah daerah terlihat enggan untuk meredam booming properti dan masih menjual tanah untuk meningkatkan pendapatan.

Sementara itu, bursa saham Hong Kong terlihat kesulitan mempertahankan rally dan indeks Shanghai melemah di sesi perdagangan Kamis. Hang Seng hanya mencatatkan kenaikan 0,02% sedangkan Shanghai turun 0,52%.  (fr)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar