Selasa, 26 September 2017

world-economy  World Economy

Harga Rumah di Selandia Baru Menurun

Senin, 12 Mei 2014 15:11 WIB
Dibaca 949

Monexnews - Harga rumah di Selandia Baru pada bulan April turun, sementara jumlah property yang terjual merosot tajam, menambah bukti pernyataan deputi gubernur bank sentral Selandia Baru pada pekan lalu mengatakan regulasi baru pada pinjaman bank mulai memperlihatkan dampaknya.

Data dari Real Institute of New Zealand menunjukkan harga rata-rata rumah pada bulan April turun menjadi NZ$432.250 dari NZ$440.000 di bulan Maret. Namun harga pada bulan April tersebut masih lebih tinggi dari harga bulan April 2013 sebesar NZ$390.500. Jumlah rumah yang terjual sebanyak 5.670 pada bulan April, turun 20,2% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Berdasarkan aturan baru yang diberlakukan Reserve Bank of New Zealand  pada 1 Oktober tahun lalu, jumlah KPR dengan uang muka dibawah 20%, tidak boleh lebih dari 10% dari jumlah pinjaman baru.  Aturan tersebut diberlakukan menyusul kekhawatiran  bank sentral akan kemungkinan terjadinya bubble  di sektor perumahan. Deputi gubernur RBNZ, Grant Spencer, mengatakan aturan tersebut dapat meredam kenaikan harga di sektor perumahan. (pap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar